Pengaruh Model Pembelajaran Problem Basedinstruction (PBI) Terhadap Hasil Belajar IPA Tentang Lingkungan Sehat Dan Tidak Sehat Di Kelas V SD Inpres Namosain Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Basedinstruction (PBI) Terhadap Hasil Belajar IPA Tentang Lingkungan Sehat Dan Tidak Sehat Di Kelas V SD Inpres Namosain Kota Kupang

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji adanya pengaruh signifikan model pembelajaran problem based instruction (PBI) terhadap hasil belajar IPA tentang lingkungan sehat dan tidak sehat dikelas V SD Inpres Namaosain Kota Kupang.Penelitian kuantitatif deskriptif ini menggunakan metode eksperimen jenis pre-eksperimen dengan menggunakan model pendekatan OneGroup Pretest-posttest design . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Namosain yang berjumlah 20 siswa. Sampel penelitian adalah kelompok kontrol sejumlah 10 siswa dan kelompok ekperimen sejumlah 10 siswa. Perlakuan yang diterapkan pada kelas eksperimen adalah model pembelajaran problem based instruction (PBI)sedangkan pada kelas kontrol adalah model konvensional. Ada 5 langkah dalam menerapkan model pembelajaran problem based instruction (PBI)yaitu1). Organisasi siswa pada masalah, 2). Mengorganisasi siswa untuk belajar, 3). Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok , 4). Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, 5). Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Hasil analisis data statistikmenunjukkan bahwa pengaruh model pembelajaranproblem based instruction (PBI) dari instrument penelitian setiap item soal valid karena nilai rhitung > nilai rtabel dan reliabel Karena nilai cronbach alpha 0,904masuk dalam kategori reliabilitas tingkat tinggi, tingkat kesukaran soal masuk dalam kategori sedang dan mudah, daya pembeda soal masuk dalam kategori baik sekali dan baikserta berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa.Berdasarkan uji normalitas, didapatkan hasil bahwa nilai terhadap hasil belajar pretest dan posttest pada semua aspek terdistribusi normal. Hasil analisis deskriptif menujukan bahwa rata-rata nilai kemampuan siswa yang dibelajrakan dengan model problem based instruction (PBI) sebesar 82,00 sedangkan rata-rata nilai kemampuan siswa yang dibelajarkan model pembelajaran konvensional sebesar 77,70. Dengan demikian dapatdisimpulkan bahwa model pembelajaranproblem based instruction (PBI) memiliki pengaruh yang lebih baik dari model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci :problem based instruction (PBI), hasil belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Debby Damaris Ello - Personal Name
Student ID
1601140076
Dosen Pembimbing
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 1
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 ELL P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA