Implementasi Kebijakan Pendaftaran Online Dalam Pelayanan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Berbasis Zonasi Di Kota Kupang Pada Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur

Detail Cantuman

Skripsi

Implementasi Kebijakan Pendaftaran Online Dalam Pelayanan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Berbasis Zonasi Di Kota Kupang Pada Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur

XML

Tujuan Penelitian adalah untuk menganalisis implementasi kebijakan dan mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat implementasi kebijakan pendaftaran online dalam pelayanan penerimaan peserta didik baru berbasis zonasi di Nusa Tenggara Timur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Dalam menganalisis masalah penulis mengaitkan dengan konsep model implementasi George Edward III 1980, karena memfokuskan pada variable-variabel, yaitu Komunikasi, Sumber daya, Disposisi dan Struktur birokrasi.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan sistem zonasi dalam PPDB di Kota Kupang berhasil meningkatkan efisiensi proses pendaftaran, mengurangi waktu tunggu, dan meminimalkan kesalahan administrasi. Selain itu, sistem ini juga meningkatkan transparansi proses seleksi, sehingga masyarakat dapat memantau setiap tahapan PPDB secara real-time. Aksesibilitas yang luas juga menjadi keunggulan utama sistem ini, memungkinkan calon peserta didik dan orang tua untuk mendaftar dari mana saja dan kapan saja. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan dalam implementasi sistem PPDB berbasis web, seperti kesiapan infrastruktur teknologi, kualitas data, dan kapasitas sumber daya manusia. Selain itu, pentingnya komunikasi yang efektif antara sekolah, dinas pendidikan, dan masyarakat juga ditekankan dalam penelitian ini. Komunikasi yang baik dapat meminimalkan miskomunikasi dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap proses PPDB. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sistem informasi berbasis web telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan di Indonesia. Terdapat beberapa fakor penghambat yang terjadi, gangguan system yang terjadi pada saat proses pendaftaran, kurangnya pemahaman orang mengenai penggunaan internet, kebijakan zonasi membatasi pilihan sekalah bagi peserta didik. Namun, perlu upaya berkelanjutan untuk menyempurnakan sistem ini, terutama dalam hal integrasi data, pengembangan fitur-fitur baru, dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

Kata Kunci: Implementasi, PPDB, Sistem Zonasi.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
PASCARIA CICILIA W. RAJA - Personal Name
Student ID
2103010229
Dosen Pembimbing
PETRUS KASE - 196208091988031002 - Dosen Pembimbing 1
CATARYN V ADAM - 196804042000032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petrus Kase - 196208091988031002 - Ketua Penguji
Cataryn V Adam - 196804042000032001 - Penguji 1
Melkisedek N B C Neolaka - 196205191989011001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 RAJ I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA