Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Metode Praktikum Untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Sma Negeri 7 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Metode Praktikum Untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Sma Negeri 7 Kupang

XML

Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui apakah keterampilan proses sains siswayang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan metode praktikum lebih tinggi dari siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah 2) Untuk mengetahui apakah keterampilan proses sains siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan metode praktikum lebih tinggi dari siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatifdengan analisis pihak kiri, kedua pihak dan regresi berganda. Dilaksanakan di SMA Negeri 7 Kota Kupang dengan jumblah sampel 68 orang siswa kelas XI A dan XI B. Pengumpulan data yang digunakan soal tes dari variabel 1) model pembelajaran berbasis masalah (X1), metode praktikum (X2), keterampilan proses sains (Y1). Hasil penelitian menunjukan uji pihak kanan dengan analisis uji t untuk hipotesis sebagai berikut 1) uji pihak kanan menunjukan bahwa hasil hipotesis pertama diketahui nilai signifikan untuk pengaruh penerapan XI dan X2 terhadapt Y1 adalah sebesar 0,210 < 0,005 dan t hitung 0,210 < t tabel 2,650 sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 nya diterima berarti terdapat pengaruh penerapan X1 dan X2 terhadap Y1. 2) Hasil penelitian menunjukan uji pihak kanan dengan analisis uji t untuk hipotesis 2 sebagai berikut 1) uji pihak kanan menunjukan bahwa hasil hipotesis pertama diketahui nilai signifikan untuk pengaruh penerapan XI dan X2 terhadapt Y2 adalah sebesar 0,000 < 0,005 dan t hitung 0,000 < t tabel 2,650 sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 nya diterima berarti terdapat pengaruh penerapan X1 dan X2 terhadap Y1.

Kata Kunci: model pembelajaran berbasis masalah, metode praktikum, keterampilan proses sains, motivasi belajar siswa.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
BEBY INDRI APRIANA GIRI - Personal Name
Student ID
1901050068
Dosen Pembimbing
Dr. Amiruddin Supu, S. Pd., M. Si - - Dosen Pembimbing 1
Yusniati H. Muh. Yusuf - 198301072008122003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Amiruddin Supu, S.Pd., M.Si - 196703111994031001 - Ketua Penguji
Yusniati H. Muh.Yusuf, S.Si., M.Pd - 198301072008122003 - Penguji 1
Hartoyo Yudhawardana, S.Si., M.Si - 196911101999031003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : kupang.,.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.03 Giri P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA