Penerapan Digital Marketing Melalui Instagram Sebagai Media Promosi (Studi Etnografi Virtual Akun Instagram @ambuja.kitchen)

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Digital Marketing Melalui Instagram Sebagai Media Promosi (Studi Etnografi Virtual Akun Instagram @ambuja.kitchen)

XML

Digital marketing menjadi salah satu aspek penting yang perlu diterapkan dalam konteks pemasaran di era digital. Hal ini juga dipraktikkan oleh Ambuja Kitchen+Bar yang secara khusus bergerak di bidang food and beverage (makanan dan minuman) di Kota Kupang. Ambuja memanfaatkan akun instagram @ambuja.kitchen sebagai wadah untuk mendukung aktivitas pemasaran digital serta mendorong promosi yang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan digital marketing melalui rutinitas bermedia di akun instagram @ambuja.kitchen, serta mengetahui strategi penerapan digital marketing melalui instagram sebagai media promosi di akun instagram @ambuja.kitchen.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi virtual. Data-data penelitian dikumpulkan melalui observasi virtual, wawancara, dan studi dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan digital marketing melalui instagram @ambuja.kicthen mencakup beberapa rutinitas bermedia, yakni rutinitas membuat perencanaan konten, membuat konten, memonitor dan membalas komentar serta direct message (DM), menganalisis engagement dan kinerja konten, serta mengevaluasi hasil konten. Dalam menjalankan strategi digital marketing melalui instagram sebagai media promosi, @ambuja.kitchen melakukan beberapa strategi, 1) yakni menyajikan konten yang menarik, 2) membangun hubungan baik dengan pelanggan, 3) melakukan optimalisasi profil, 4) memanfaatkan berbagai fitur instagram untuk menunjang promosi, 5) memberikan informasi event, promo, dan diskon, dan 6) bekerja sama dengan influencer dan konten kreator. Strategi-strategi ini diarahkan guna menunjang tercapainya tujuan pemasaran digital yang efektif, mencapai target pasar yang tepat, menjaga persaingan bisnis, hingga menciptakan loyalitas pelanggan. Dari perspektif teori AIDDA, strategi yang diterapkan @ambuja.kitchen secara keseluruhan dilakukan sebagai upaya pemasaran yang efektif dalam menarik perhatian, membangkitkan minat, menumbuhkan keinginan, mendorong keputusan untuk membeli, dan akhirnya mendorong aksi atau pembelian.

Kata Kunci: Digital Marketing, Komunikasi Pemasaran, Strategi Marketing


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
LEONARDO BRIAN SINO - Personal Name
Student ID
1803050147
Dosen Pembimbing
PETRUS ANA ANDUNG - 197402072008011012 - Dosen Pembimbing 1
MARIA V.D.SWAN - 88290234119 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petrus Ana Andung - 197402072008011012 - Ketua Penguji
MARIA V.D.SWAN - 88290234119 - Penguji 1
Muhammad Aslam - 198812242019031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 SIN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA