PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 7 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 7 KUPANG

XML

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya peningkatan hasil belajar sejarah melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Script pada siswa X SMA Negeri 7 Kupang?. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan upaya peningkatan hasil belajar sejarah melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Script pada siswa X SMA Negeri 7 Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian siswa kelas X6 berjumblah 36 siswa. Prosedur penelitian dilakukan dengan empat langkah meliputi: 1. Tahap Perencanaan 2. Tahap Pelaksanaan 3. Tahap Pengamatan 4. Tahap Refleksi dilakukan dalam dua siklus. Data hasil belajar diperoleh melalui tes. Data hasil observasi diperoleh melalui observasi hasil belajar. Ketercapaian tujuan pembelajaran yaitu 80%. Dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Script dengan langkah-langkah sebagai berikut (1) Guru membagi peserta didik secara berpasangan, (2) Guru membagi materi pada peserta didik untuk diringkas, (3) Peserta didik secara kelompok mencari materi dari sumber, (4) Guru memberikan intruksi agar peserta didik memahami materi dan membuat ringkasan materi yang telah dibagikan, (5) Guru berkeliling untuk melihat proses diskusi pesera didik, (6) Guru dan siswa menetapkan yang berperan sebagai pembicara dan pendengar, (7) Pembicara menyampaikan ringkasan dan memasukan ide-ide pokok dalam ringkasan, (8) kelompok lain diminta menanggapi yang dipresentasikan, (9) peserta didik bertukar peran, semula berperan sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya, (10) Guru bersama peserta didik membuat Kesimpulan. Dengan langkah-langkah tersebut mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini ditunjukan pada siklus I nilai rata-rata kelas 76,91 meningkat pada siklus II menjadi 84,58


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Angelina Aryeni Kailo - Personal Name
Student ID
1901090004
Dosen Pembimbing
DJAKARIAH - 196612051991031002 - Dosen Pembimbing 1
DELSY ASRIYANI DETHAN - 198212192014042001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
FLAFIUS SELFIANUS RATO - 198702202019031009 - Ketua Penguji
Djakariah - 196612051991031002 - Penguji 1
Delsy A. Dethan - 198212192014042001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 ilo P
Copyright
Individu Penulis
Doi
0

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA