Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X Sman 2 Kupang Tentang Teori-Teori Masuknya Agama Dan Kebudayaan Islam Di Indonesia Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS)

Detail Cantuman

Skripsi

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X Sman 2 Kupang Tentang Teori-Teori Masuknya Agama Dan Kebudayaan Islam Di Indonesia Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS)

XML

Johanes Para Ede, NIM: 1901090132, menulis skripsi berjudul peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMAN 2 Kupang tentang teori-teori masuknya agama dan kebudayaan Islam di Indonesia dengan menerapkan model pembelajaran Creative problem solving. Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah cara meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMAN 2 Kupang materi teori-teori masuknya agama dan kebudayaan Islam di Indonesia dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving? Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan dan satu kali evaluasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, tes, observasi, dan studi dokumen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes. Hasil penelitian ini menunjukan pada siklus I mengalami peningkatan hasil belajar yaitu siswa yang mencapai KKM sebanyak 25 siswa dengan presentase ketuntasan (73%), sedangkan siswa yang belum mencapai KKM sebanyak 9 orang dengan presentase (27%) dan rata- rata hasil belajar yang diperoleh selama siklus I yaitu sebesar 75. Jumlah presentase ini mengalami peningkatan dari pra siklus dimana ketuntasan belajar dari jumlah 34 siswa dalam satu kelas dan yang mencapai ketuntasan KKM sebanyak 11 siswa dengan presentase (32%), sedangkan 23 siswa belum mencapai ketuntasan KKM dengan presentase (68%). Aktivitas belajar siswa kelas X SMAN 2 Kupang dan aktivitas guru pada pelaksaan siklus I juga mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dari perolehan nilai yang dipaparkan pada setiap tabel observasi pembelajaran siswa yaitu pada siklus I perolehan presentase ketuntasan aktivitas belajar siswa sebesar (59%) dan presentase aktifitas guru yaitu (65%). Pada siklus I mengalami peningkatan tetapi belum memenuhi standar KKM yang ditetapkan di SMAN 2 Kupang sebesar 75. Pada siklus II siswa juga mengalami peningkatan hasil belajar. Terdapat 34 orang siswa yang mencapai KKM dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 100%. Skor rata-rata yang diperoleh siswa pada tindakan siklus II adalah sebesar 85. Pada tindakan siklus II aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan. Siswa mengalami peningkatan dalam aktivitas belajar dengan pesentase sebesar 100% dan presentase aktivitas guru sebesar 95%. Maka dapat disimpulkan peserta didik mengalami peningkatan hasil belajar.

Kata kunci: Pembelajaran Sejarah, Hasil Belajar, Model Creative Problem Solving


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
JOHANES PARA EDE - Personal Name
Student ID
1901090132
Dosen Pembimbing
Melkisedek Taneo - 19670403 199403 1 003 - Dosen Pembimbing 1
DELSY ASRIYANI DETHAN - 198212192014042001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
FLAFIUS SELFIANUS RATO - 198702202019031009 - Ketua Penguji
Melkisedek Taneo - 196612051991031002 - Penguji 1
Delsy A. Dethan - 198212192014042001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 EDE P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA