Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Tentang Sistem Pencernaan Pada Manusia Di Kelas V SDK Lewokung Kecamatan Larantuka

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Tentang Sistem Pencernaan Pada Manusia Di Kelas V SDK Lewokung Kecamatan Larantuka

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang sistem pencernaan pada manusia di kelas V SDK Lewokung Kecamatan Larantuka.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dengan mengambil lokasi di SDK Lewokung Kecamatan Larantuka. Adapun subjek penelitian ini adalah para peserta didik kelas V yang berjumlah 30 peserta didik yang terdiri dari 11 orang peserta didik laki-laki dan 19 orang peserta didik perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang telah terkumpul diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik tentang sistem pencernaan pada manusia menggunakan model pembelajaran think talk write (TTW), dimana Siklus I ketuntasan yang diperoleh peneliti hanya 60% atau 18 orang yang mencapai ketuntasan, sedangkan 40% atau 12 orang belum mencapai KKM. Namun pada Siklus II mengalami peningkatan yang pesat menjadi 100% dengan rata-rata nilai 87,26. Hal ini berarti ketuntasan belajar dalam kelas tersebut telah mencapai target yang ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, peneliti menyimpulkan bahwa, penerapan model think talk write (TTW) dalam pembelajaran tentang sistem pencernaan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SDK Lewokung Kecamatan Larantuka.

Kata Kunci :Model Think Talk Write (TTW), Sistem pencernaan, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Paulina Somi Kumanireng - Personal Name
Student ID
1701140082
Dosen Pembimbing
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
Febriani - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Febriani - 199202132018032001 - Penguji 1
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 KUM P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA