Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Tentang Sistem Pencernaan Pada Manusia Di Kelas V SDK Lewokung Kecamatan Larantuka
XMLPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang sistem pencernaan pada manusia di kelas V SDK Lewokung Kecamatan Larantuka.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dengan mengambil lokasi di SDK Lewokung Kecamatan Larantuka. Adapun subjek penelitian ini adalah para peserta didik kelas V yang berjumlah 30 peserta didik yang terdiri dari 11 orang peserta didik laki-laki dan 19 orang peserta didik perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang telah terkumpul diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik tentang sistem pencernaan pada manusia menggunakan model pembelajaran think talk write (TTW), dimana Siklus I ketuntasan yang diperoleh peneliti hanya 60% atau 18 orang yang mencapai ketuntasan, sedangkan 40% atau 12 orang belum mencapai KKM. Namun pada Siklus II mengalami peningkatan yang pesat menjadi 100% dengan rata-rata nilai 87,26. Hal ini berarti ketuntasan belajar dalam kelas tersebut telah mencapai target yang ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, peneliti menyimpulkan bahwa, penerapan model think talk write (TTW) dalam pembelajaran tentang sistem pencernaan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SDK Lewokung Kecamatan Larantuka.
Kata Kunci :Model Think Talk Write (TTW), Sistem pencernaan, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Paulina Somi Kumanireng - Personal Name
|
Student ID |
1701140082
|
Dosen Pembimbing |
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
Febriani - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Febriani - 199202132018032001 - Penguji 1 Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 KUM P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |