PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP (Studi pada Tamu Inap Mulia Bungalow’s Nemberala, Rote-NTT)

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP (Studi pada Tamu Inap Mulia Bungalow’s Nemberala, Rote-NTT)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan baik secara parsial maupun simultan pengaruh dari advertising, personal selling, sales promotion Terhadap Keputusan Menginap Di Mulia Bungalow’s Nemberala, Rote-NTT. Penelitian ini menggunakan Bauran Promosi sebagai variabel independen dan Keputusan Menginap sebagai variabel dependen. Populasi penelitian ini terdiri dari 125 orang (data tamu inap Mulia Bungalow’s Nemberala tahun 2023). Jumlah sampel sebanyak 95 responden, dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah quota sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi langsung, wawancara terhadap pihak-pihak yang berkepentingan, kuisioner, pengumpulan data sekunder secara manual. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif, analisis regresi linier berganda pengujian hipotesis melalui uji t, uji F, serta analisis koefisien determinasi (R2) dengan menggunakan aplikasi SPSS 26.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukan variabel advertising, personal selling, sales promotion berada pada kategori tinggi artinya responden memberikan penilaian yang positif untuk Mulia Bungalow’s Nemberala, Rote-NTT. Dari hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan : Y= 12,689 + 0,952X1 + 0,670X2 + 0,352X3. Hasil uji t menunjukan bahwa 1) Variabel advertising berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan menginap, dengan nilai thitung sebesar 7,334. 2) Variabel personal selling berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan menginap, dengan nilai thitung sebesar 5,467. 3) Variabel sale spromotion berpengaruh secara positif dan siginifikan terhadap keputusan menginap, dengan thitung sebesar 3,180. Terdapat pengaruh secara simultan antara advertising, personal selling, sales promotion terhadap keputusan menginap, dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 92.546. Angka Adjusted R Square sebesar 0,745 menunjukkan bahwa sebesar 74,5% variabel keputusan menginap dipengaruhi oleh variabel independen advertising, personal selling, sales promotion sedangkan sisanya 25,5% dipengaruhi oleh variabel-variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Untuk itu disarankan peneliti selanjutnya dapat meneliti lebih lanjut mengenai variabel di luar dari penelitian ini yang dapat mempengaruhi keputusan menginap, serta tidak hanya terbatas pada Mulia Bungalow’s Nemberala, Rote-NTT saja, tetapi juga mempertimbangkan beberapa yang cukup terkenal yang ada di Rote-NTT.

Kata Kunci:Bauran promosi, Advertising, personal selling, sales promotion, keputusan menginap.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
SOFIA SELLY - Personal Name
Student ID
2003020162
Dosen Pembimbing
Drs. Abas kasim, M.Si - 19600414 198803 1 008 - - Dosen Pembimbing 1
Juita L.D.Bessie, S.Sos.MM - 198410142010122006 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Drs.Abas Kasim,M.Si - 19600414 198803 1 008 - Ketua Penguji
Juita L.D.Bessie, S.Sos.MM - 198410142010122006 - Penguji 1
Anthonius B. Mesakh - 19620806 198803 1 002 - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63211
Edisi
Published
Departement
Administrasi Bisnis
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.11 Sel P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA