Skripsi
Pemanfaatan Grup Facebook Sebagai Media Komunikasi Jual Beli Online (Studi Etnografi Virtual Pada Grup Facebook Pasar Online Atambua)
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran komunikasi jual beli online pada grup facebook pasar online Atambua dan pola interaksi antara penjual dan pembeli di grup facebook Pasar online Atambua. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi virtual. Penelitian ini berfokus pada setiap postingan penjual di Grup Facebok Pasar Online Atambua yang menjadi objek penelitian. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi virtual, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa jual beli online menggunakan facebook mendapatkan tingkat perhatian pelanggan yang relatif tinggi dengan adanya gambar, video atau men-tag, menjadikan grup facebook menjadi perhatian masyarakat. Disamping itu dengan adanya jual beli online terjadi komunikasi dua arah yang dapat dilihat dari pembeli yang memberi tanda like, dan komentar terhadap postingan yang ada di postingan pejual. Hal ini sudah memperlihatkan adanya pola antara penjual dengan pembeli. Like, dan komentar yang didapat oleh pembeli dapat menjadi indikator informasi apa saja yang diperlukan baik mengenai produk terbaru, maupun kritik.
Kata Kunci : Komunikasi Jual Beli Online, Grup Facebook Pasar Online Atambua
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Kezia Mesis Da Costa - Personal Name
|
Student ID |
1803050168
|
Dosen Pembimbing |
MONIKA WUTUN - 198301112014042001 - Dosen Pembimbing 1
Henny L.L. Lada - NUPN 9900007799 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Muhammad Aslam - 198812242019031001 - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI |
70201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Ilmu Komunikasi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
702.01 Cos P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |