DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS VIRTUALREALITY (VR) PADA MATA PELAJARAN DASAR- DASAR TEKNIK JARINGAN KOMPUTER DAN TELEKOMUNIKASI DI SMK NEGERI 6 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS VIRTUALREALITY (VR) PADA MATA PELAJARAN DASAR- DASAR TEKNIK JARINGAN KOMPUTER DAN TELEKOMUNIKASI DI SMK NEGERI 6 KUPANG

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi efektivitas media pembelajaran interaktif berbasis Virtual Reality (VR) pada mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi di SMK Negeri 6 Kupang. Media pembelajaran ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang imersif, interaktif, dan efektif dalam membantu siswa memahami konsep jaringan komputer dan telekomunikasi.
Hasil validasi ahli isi/materi menunjukkan skor 90,66% dengan kategori "Sangat Baik", yang menegaskan bahwa materi telah memenuhi standar akurasi, relevansi, dan keterlibatan siswa. Sementara itu, validasi ahli desain memperoleh skor 85,33% ("Baik"), menunjukkan kualitas desain visual, interaktivitas, dan kemudahan penggunaan yang memadai. Hasil validasi ahli media mencapai 82,85% dengan kategori "Baik"
Uji coba perorangan menunjukkan hasil positif dengan rata-rata skor 90,22%, yang dikategorikan sebagai "Sangat Baik". Responden dengan hasil belajar tinggi memberikan skor 93%, sementara hasil belajar sedang dan rendah masing-masing memberikan skor 88% dan 89%. Hasil uji kelompok kecil dengan rerata persentase 89,33% menunjukkan bahwa media ini efektif dan layak digunakan. Uji kelompok lapangan yang melibatkan 30 siswa menunjukkan mayoritas penilaian positif, dengan 60% siswa menilai "Sangat Baik", 30% "Baik", 7% "Cukup", dan 3% "Kurang". Secara keseluruhan, 90% siswa memberikan respons positif terhadap media pembelajaran VR.
Dengan hasil evaluasi yang menunjukkan efektivitas dan keterterimaan yang tinggi, media pembelajaran interaktif berbasis VR ini menjadi alat bantu pembelajaran inovatif yang dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi.

Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Virtual Reality (VR), Teknik Jaringan Komputer, Pembelajaran Interaktif.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
AGNES ANASTASIA TAEK - Personal Name
Student ID
2001130003
Dosen Pembimbing
YETURSANCE YULSIANA MANAFE - 197906262005012003 - Dosen Pembimbing 1
ICHSAN FAHMI - 197705052005011004 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yetursance Yulsiana Manafe - 197906262005012003 - Ketua Penguji
Louis F. Boesday - 19900428 202203 1 002 - Ketua Penguji
Ichsan Fahmi - 197705052005011004 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
83201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Teknik Elektro
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
832.01 Tae D
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA