Skripsi
PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PECAHAN SENILAI KELAS IV UPTD SD INPRES OESAPA KECIL
XML
Matematika merupakan salah satu bidang studi yang memiliki peran penting dalam proses pendidikan, terutama dalam melatih kemampuan berpikir logis dan sistematis. Namun, dalam praktiknya, pembelajaran matematika sering dianggap sulit dan kurang menarik bagi peserta didik, yang mengakibatkan rendahnya minat dan partisipasi aktif mereka dalam proses belajar. Hal ini juga terjadi pada peserta didik kelas IV di UPTD SD Inpres Oesapa Kecil 1, di mana hanya 30% yang mencapai tingkat kemampuan yang diharapkan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan pendekatan yang dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik, salah satunya adalah pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Pendekatan ini berfokus pada konteks kehidupan sehari-hari, yang memungkinkan peserta didik untuk menghubungkan konsep-konsep matematika dengan pengalaman nyata, sehingga membuat pembelajaran lebih menarik dan relevan. RME juga mendorong peserta didik untuk lebih aktif, mandiri, dan terlibat dalam proses pemecahan masalah secara kontekstual. Berdasarkan berbagai penelitian, penerapan pendekatan RME terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika dan kemampuan literasi matematika peserta didik. Oleh karena itu, pendekatan RME diharapkan dapat menjadi solusi dalam meningkatkan minat, motivasi, serta hasil belajar matematika di UPTD SD Inpres Oesapa Kecil 1.
Kata Kunci: Matematika, Realistic Mathematics Education (RME)
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Anoufi Nanda Fauzal Ula - Personal Name
|
Student ID |
2001140130
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Dr.Damianus Dao samo - 1983123120121003 - Ketua Penguji
Vera Rosalina Bulu, S.Pd., M.Pd - - Penguji 1 Hiwa Wonda - 196201231988031001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan guru sekolah dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.02 Ula P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |