Skripsi
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPAS MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE AND MATCH DI KELAS 4 UPTD SD INPRES PERUMNAS 2 KOTA KUPANG
XML
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) melalui penggunaan model pembelajaran Make And Match pada materi sumber daya alam. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing – masing terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa siswi kelas IV UPTD SD Inpres Perumnas 2 Kupang dengan jumlah siswa 7 laki – laki dan 9 perempuan. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model Make And Match secara signifikan meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran, memperbaiki pemahaman konsep, dan meningkatkan hasil belajar siswa . Data yang telah diperoleh di olah di analisis lebih lanjut dengan
mengggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa. Pada kondisi awal (pra siklus) siswa yang tuntas sebanyak 5 siswa atau presentasenya 31,25%. Setelah penerapan model Make And Match siklus 1 rata – rata nilai meningkat di siklus 1 dari 16 subjek penelitian 11 orang siswa sebesar (68,75%) yang tuntas dikarenakan memperhatikan penjelasan guru, selalu berpartisipasi aktif sedangkan 5 orang siswa sebesar (31,25%) yang
tidak tuntas dikarenakan guru belum mampu menguasai kelas dengan baik, guru belum sepenuhnya menguasai langkah – langkah model kooperatif Make And Match dan siswa kurang sungguh – sungguh dalam mengerjakan soal yang diberikan. Selanjutnya siklus II mengalami peningkatan, hal ini dibuktikan dari 16 subjek penelitian 15 orang siswa sebesar (93,75%) yang tuntas dikarenakan siswa sudah terbiasa dengan menggunakan model kooperatif Make And Match, siswa mulai bersungguh – sungguh dalam mengerjakan soal dan guru sudah mampu memahami langkah – langkah model kooperatif Make And Match dengan baik. Sedangkan 1 orang siswa sebesar ( 6,25%) tidak tuntas karena masih kurang aktif dalam kelompok dan kurang teliti dalam mengerjakan soal yang diberikan.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka model pembelajaran Make And Match efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS, khususnya apada materi sumber daya alam dengan presentase ketuntasan 93,75%.
Kata Kunci: Model Make And Match; Hasil belajar; sumber daya alam
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
DELFI NOPERESE - Personal Name
|
Student ID |
2001140136
|
Dosen Pembimbing |
YETURSANCE YULSIANA MANAFE - 197906262005012003 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Andreas Ande - 196210101989031004 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1 Yetursance Yulsiana Manafe - 197906262005012003 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Nop U
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |