Penngaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Versus Ceramah Terhadap Hasil Belajar Sejarah Indonesia Di Kelas XI SMA Negeri 7 Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penngaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Versus Ceramah Terhadap Hasil Belajar Sejarah Indonesia Di Kelas XI SMA Negeri 7 Kota Kupang

XML

Istanto Rhomadony Thamrin, Nim 1901090136, 2024 menulis skripsi ini dengan judul Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Versus Ceramah Terhadap Hasil Belajar Sejarah Indonesia Kelas XI Di SMA Negeri 7 Kota Kupang. Dibimbing oleh Dr. Djakariah, M.Pd sebagai pembibimbing satu dan Delsy A. Dethan, S.Pd, M.Pd sebagai pembimbing dua. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan hasil belajar sejarah yang di ajarkan dengan model Contextual Teaching and Learning Versus Ceramah terhadap Hasil Belajar sejarah Indonesia siswa kelas XI SMA Negeri 7 Kota Kupang Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar sejarah Indonesia pada judul yang diajarkan dengan model Contextual Teaching and Learning dan Ceramah terhadap siswa kelas XI SMA Negeri 7 Kota Kupang. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Eksperimen. Penelitian ini terdiri dari dua kelompok pengamatan yaitu Kelas Eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Kelas Kontrol menggunakan model pembelajaran Ceramah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dan IPS 2 di SMA Negeri 7 Kota Kupang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa Pre-test dan Post-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah = Tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Ceramah terhadap hasil belajar sejarah pada siswa kelas XI SMA Negeri 7 Kota Kupang dan = Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Ceramah terhadap hasil belajar sejarah pada siswa kelas XI SMA Negeri 7 Kota Kupang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Ceramah terhadap hasil belajar sejarah pada siswa kelas XI SMA Negeri 7 Kota Kupang. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang diajarkan dengan model Contextual Teaching and Learning sebesar 88,24 dan pada kelas kontrol yang diberi perlakuan model Ceramah memiliki nilai rata-rata sebesar 76,71. Selain itu hasil uji Independen Sample Test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai sig. (2- tailed) sebesar 0,001 < 0,05.

Kata Kunci : Pengaruh; Model; Contextual Teaching and Learning; Ceramah; Pembelajaran.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ISTANTO R. THAMRIN - Personal Name
Student ID
1901090136
Dosen Pembimbing
DJAKARIAH - 196612051991031002 - Dosen Pembimbing 1
DELSY ASRIYANI DETHAN - 198212192014042001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Djakariah - 196612051991031002 - Ketua Penguji
Susilo Setyo Utomo - 198906242014041001 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : kupang.,.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
individu penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA