PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD INPRES USAPIKOM KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD INPRES USAPIKOM KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

XML

Masalah penelitian yakni pembelajaran berpusat pada guru, siswa kurang aktif, kurangnya perhatian siswa terhadap pembelajaran, kurangnya kerja sama antar siswa dalam pembelajaran, serta hilangnya semangat dan kegembiraan siswa saat belajar yang mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Inpres Usapikom dengan Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching melalui empat tahapan pelaksanaan meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan tes, refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Dengan subjek penelitiannya yaitu Siswa kelas IV SD Inpres Usapikom dengan jumlah 15 orang terdiri dari 8 laki-laki dan 7 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan pada siklus I dari jumlah siswa 15 orang yang tuntas 10 orang dengan persentase ketuntasan 66,7% sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 5 orang dengan persentase ketidaktuntasan 33,3%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas 14 orang dengan persentase 93,3% sedangkan siswa yang tidak tuntas 1 orang dengan persentase ketidaktuntasan 6,7%. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka, pembelajaran tentang berbagai keragaman Agama di Indonesia melalui model Quantum Teaching dapat
meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini terbukti dengan terjadinya peningkatan nilai maksimal ketuntasan yang ada pada siklus II yakni 93,3% dengan demikian penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching berhasil.
Kata Kunci: Model Quantum Teaching, Hasil Belajar, IPS


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Samson Richardo Kase - Personal Name
Student ID
1901140369
Dosen Pembimbing
PAULINA RIWU GAH - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Ketua Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 1
Andreas Ande - 196210101989031004 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
86206 Kas P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA