Skripsi
Pengaruh Kedisiplinan Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sdk Muder Teresa Kota Kupang
XMLTujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar siswa di SDK Muder Teresa Kota Kupang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, wawancara dan studi dokumentasi. Jumlah responden 30 orang dengan rincian 17 laki-laki dan 13 perempuan. Teknik analisis datanya menggunakan uji prasyarat: uji normalitas dan linearitas, uji hipotesis: uji korelasi produk moment.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Katolik Muder Teresa Kota Kupang, dengan hasil penelitian menunjukkan perolehan pada uji korelasi produk moment dengan taraf signifikannya α = 0,05 diperoleh (0,361) < r hitung = (0,408). Dari hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh kedisiplinan guru (X) terhadap motivasi belajar siswa di SDK Muder Teresa Kota Kupang (Y) dibuktikan dengan nilai r hitung (0,408) > r tabel (0,361). Nilai signifikansi (0,025) < (0,05) hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel independen dan variabel dependen.
Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat di katakan bahwa Hipotesis Alternatif (Ha): diterima sedangkan Hipotesis 0 (H0): ditolak berarti ada pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar siswa.
Kata Kunci : Kedisiplinan Guru, Motivasi Belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Johana Fransiska Olla - Personal Name
|
Student ID |
1601140132
|
Dosen Pembimbing |
Benediktus Kasa - 195706141984031001 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
BENEDIKTUS KASA - 195706141984031001 - Ketua Penguji
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 1 SILVESTER P. TANEOSILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
86206 Kue S
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |