Kajian penelitian Berpikir Analogi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Aljabar

Detail Cantuman

Skripsi

Kajian penelitian Berpikir Analogi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Aljabar

XML

Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep berpikir analogi, mendeskripsikan fokus penelitian berpikir analogi siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi aljabar, serta menyajikan rekomendasi terkait berpikir analogi dalam menyelesaikan masalah matematika pada penelitian di masa depan. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode review artikel, yang dilakukan dengan menelusuri berbagai artikel yang berkaitan dengan berpikir analogi dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi aljabar. Berpikir analogi merupakan kemampuan berpikir dengan melihat kesamaan atau kemiripan yang terdapat pada masalah sebelumya atau masalah yang sudah diketahui dalam hal ini masalah sumber untuk menyelesaikan masalah yang baru atau masalah target dengan 4 komponen dalam berpikir analogi yaitu Encoding (pengkodean), Inferring (penyimpulan), Mapping (pemetaan), dan Applying (penerapan). Kemampuan berpikir analogi dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi aljabar untuk siswa tingkat SMP masih tergolong dalam tingkat berpikir analogi sedang. Karena siswa yang memiliki tingkat berpikir analogi tinggi yang mampu menyelesaikan masalah matematika pada materi aljabar dengan 4 komponen dalam berpikir analogi, sedangkan siswa yang memiliki kemampuan berpikir analogi sedang hanya mampu mencapai beberapa tahapan dalam berpikir analogi, dan siswa yang memiliki kemampuan berpikir analogi rendah belum mampu mencapai tahapan dalam berpikir analogi. Data hasil penelitian dari berbagai artikel menunjukkan bahwa data yang ada dapat dijadikan sebagai acuan atau sumber informasi terkait kajian penelitian berpikir analogi dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi aljabar untuk kepentingan penelitian di masa depan guna mengembangkan kemampuan berpikir analogi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika.
Kata kunci: Berpikir Analogi, Menyelesaikan masalah aljabar, dan siswa SMP


Detail Information

Item Type
Penulis
Dertty Afliana Nomseo - Personal Name
Student ID
1601030035
Dosen Pembimbing
Penguji
Siprianus S. Garak - 196512311992031027 - Ketua Penguji
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Penguji 1
Patrisius Afrisno Udil - 19930911 201903 1 020 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 NOM K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA