Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Listrik Dinamis Kelas VI SDK Sekon

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Listrik Dinamis Kelas VI SDK Sekon

XML

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara metode eskperimen terhadap hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis kelas VI SDK Sekon. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre Eksperimen Design, dengan rancangan The One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampel jenuh dengan sampel penelitian berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes berupa soal pilihan ganda, dan non tes berupa dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran dan uji daya pembeda. Uji instrument penelitian dilakukan dengan uji Normalitas, uji Homogenitas dan uji Hipotesis. Berdasarkan analisis data tes, diperoleh nilai rata-rata hasil pretes sebesar 50,18 dan nilai rata-rata posttest sebesar 76,90. Hal tersebut didasarkan pada hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan n = 22 pada taraf signifikansi 5%. Diperoleh sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode eskperimen terhadap hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis kelas VI SDK Sekon.
Kata Kunci: Metode Eksperimen, Hasil Belajar, Listrik Dinamis


Detail Information

Item Type
Penulis
Aloysia Maria Amisa - Personal Name
Student ID
1601140010
Dosen Pembimbing
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Ketua Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Penguji 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Ami P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA