Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X1 PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 9 KOTA KUPANG
XML
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 9 Kota Kupang Tahun Ajaran 2024/2025 dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis media video. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3 yang berjumlah 69 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru ekonomi dan siswa dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran PBL. Hal ini dibuktikan pada saat test awal pretest nilai rata-rata dari kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvesional sangat rendah dengan nilai sebesar 55,22%, sehingga peneliti melakukan perlakuan menggunakan model pembelajaran PBL berbasis media video maka terjadi peningkatan pada nilai rata-rata dari post-test sebesar 81,67% yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Tingkat signifikansi 0,05, mengingat bahwa tcount (9.107) > ttabel (1.668), 0.000 < 0.05 adalah nilai signifikansi. Simpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran PBL berbasis media video dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 9 Kota Kupang.
Kata Kunci: Hasil Pembelajaran, Konvensional, Pembelajaran Berbasis Masalah
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Sisilia Gollu - Personal Name
|
Student ID |
2001080083
|
Dosen Pembimbing |
Yeheskial Nggandung - 19630127199031002 - Dosen Pembimbing 1
Fernando Saragih - 199407232020121009 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Yeheskial Nggandung - 198408142019032008 - Ketua Penguji
Fernando Saragih, M.Pd. - 199407232020121009 - Penguji 1 Agustina Butar-Butar - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Ekonomi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.03 Gol P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |