PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X1 PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 9 KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X1 PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 9 KOTA KUPANG

XML

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 9 Kota Kupang Tahun Ajaran 2024/2025 dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis media video. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3 yang berjumlah 69 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru ekonomi dan siswa dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran PBL. Hal ini dibuktikan pada saat test awal pretest nilai rata-rata dari kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvesional sangat rendah dengan nilai sebesar 55,22%, sehingga peneliti melakukan perlakuan menggunakan model pembelajaran PBL berbasis media video maka terjadi peningkatan pada nilai rata-rata dari post-test sebesar 81,67% yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Tingkat signifikansi 0,05, mengingat bahwa tcount (9.107) > ttabel (1.668), 0.000 < 0.05 adalah nilai signifikansi. Simpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran PBL berbasis media video dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 9 Kota Kupang.
Kata Kunci: Hasil Pembelajaran, Konvensional, Pembelajaran Berbasis Masalah


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Sisilia Gollu - Personal Name
Student ID
2001080083
Dosen Pembimbing
Yeheskial Nggandung - 19630127199031002 - Dosen Pembimbing 1
Fernando Saragih - 199407232020121009 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yeheskial Nggandung - 198408142019032008 - Ketua Penguji
Fernando Saragih, M.Pd. - 199407232020121009 - Penguji 1
Agustina Butar-Butar - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Ekonomi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.03 Gol P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA