PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SSCS TERINTEGRASI STRATEGI MERINGKAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMP NEGERI 18 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SSCS TERINTEGRASI STRATEGI MERINGKAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMP NEGERI 18 KUPANG

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan literasi sains peserta didik melalui pengaruh model pembelajaran SSCS terintegrasi strategi Meringkas pada materi sistem peredaran darah dan sistem pernapasan pada manusia kelas VIII SMP Negeri 18 Kupang Tahun Ajaran 2024/2025. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen, dengan desain yang digunakan pretest- postest control group design menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen mengunakan model pembelajaran SSCS terintegrasi strategi meringkas dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Instrumen penilaian yang digunakan yaitu tes pilihan ganda dan essay. Data yang dikumpulkan berupa hasil pretest-postest dari kedua kelas tersebut dan dianalisis secara kuantitatif menggunakan uji t-test dengan didahulukan dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil perlakuan terhadap kedua kelas tersebut didapati nilai normalitas pretest-postest kelas eksperimen (0,095> 0,05) dan (0,200* > 0,05) sedangkan pada uji homogenitas pada pretest kelas kontrol-eksperimen (0,983 >0,05) dan postest kelas kontrol-eksperimen (0,117>0,05) sehingga data berdistribusi normal dan homogen, serta rata-rata hasil kemampuan literasi postest pada kelas kontrol yaitu 72,80 berada pada kriteria baik sedangan hasil rata-rata postest pada kelas eksperimen yaitu 86,42 berada pada kriteria sangat baik , dan didukung oleh hasil uji t-test dengan hasilnya yaitu adanya pengaruh model pembelajaran SSCS terintegrasi strategi meringkas. Hal ini menunjukanbahwa pengaruh model pembelajaran SSCS terintegrasi strategi meringkas dapat mempengaruhi literasi sains peserta meningkat pada kelas VIII SMP Negeri 18 Kupang.


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Melkhias Sodak - Personal Name
Student ID
2001040070
Dosen Pembimbing
YUSNAENI - 197502032000122001 - Dosen Pembimbing 1
PAULUS TAEK - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Mbing Maria Imakulata - 196507251993032001 - Ketua Penguji
Yusnaeni - 197502032000122001 - Penguji 1
Paulus Taek - 19600626 1995121001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 Sod P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA