Skripsi
Penggunaan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sumber Energi Di Kelas Iv Sd Inpres Ajaobtomas Kabupaten TTS
XMLTujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi Sumber Energi melalui model pembelajaran CLIS di kelas IV SD Inpres Ajaobtomas Kecamatan Mollo Utara Kabupaten Timor Tengah Selatan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Inpres Ajaobtomas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) keterampilan guru pada siklus I diperoleh skor 63 dengan rata-rata 78,75% yang berkategori baik , Siklus II dengan jumlah skor yang diperoleh adalah 81 dengan rata-rata mencapai 92,04% yang berkategori sangat baik, (2) Keaktifan siswa pada siklus I diperoleh siklus I, diperoleh skor sebesar 775 dengan rata-rata mencapai 62,09% yang berkategori baik. Pada siklus II, diperoleh skor 1463 dengan rata-rata 95,24% berkategori baik sekali, (3) hasil belajar siswa pada siklus I, diperoleh skor 1400, rata-rata mencapai 58,33 dan ketuntasan sebesar 50%. Pada siklus II, diperoleh skor 2160, nilai rata-rata mencapai 90, ketuntasan 91,66%. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran CLIS dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber energi di kelas IV SD Inpres Ajaobtomas Kabupaten TTS. Kata kunci :Model pembelajaran CLIS, Hasil belajar, Sumber Energi
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Dini M. S. da Silva - Personal Name
|
Student ID |
1601140254
|
Dosen Pembimbing |
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
Netty E.A. Nawa - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 1 Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 SIL P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |