Penerapan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif pada Materi Getaran dan Gelombang di Kelas VIII SMP Negeri 13 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif pada Materi Getaran dan Gelombang di Kelas VIII SMP Negeri 13 Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan perbandingan hasil belajar yang signifikan pada penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi dengan model project based learning (PjBL) dengan yang menerapkan model project based learning saja. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII H dan VIII I SMP Negeri 13 Kupang. Jenis penelitiannya adalah kuasi eksperimen. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah tes dan kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 60 orang siswa. Dalam penelitian ini, siswa mengerjakan tes sebagai pretest sebanyak 20 butir soal. Kemudian siswa mengikuti pembelajaran dengan model PjBL berdiferensiasi dan dilanjutkan mengerjakan soal sebagai posttest. Selanjutya, datayang telah didapatkan dianalisis menggunakan uji dua pihak dan uji pihak kanan. Berdsarkan hasil analisis, didapatkan nilai sig.2-tailed lebih kecil dari taraf signifikansi yaitu (0,001<0,05) dan nilai sig.1-tailed adalah 0,0005. Dengan demikian, terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan pada penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi dengan model project based learning dan perbandingan hasil belajar yang menerapakan strategi pembelajaran berdiferensiasi lebih tinggi dari yang menerapakan project based learning. Temuan penelitian ini menunjukkan pembelajaran perdiferensiasi yang berkolaborasi dengan model project based learning sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang beragam, kerana pembelajaran ini dapat menyesuaikan dengan kebutuhan belajar siswa sehingga siswa mencapai potensi yang maksimal.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Berdiferensiasi, Model Project Based Learning.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Kresensia Kabrini Elisa - Personal Name
Student ID
2001050055
Dosen Pembimbing
Yusniati H. Muh. Yusuf, S.Si., M.Pd - 198301072008122003 - Dosen Pembimbing 1
Antonius Suban Hali, S.Si., M.Si - 197809172009121004 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yusniati H. Muh.Yusuf, S.Si., M.Pd - 198301072008122003 - Ketua Penguji
Antonius Suban Hali, S.Si., M.Si. - 19780917 200912 1 004 - Penguji 1
Dr. Amiruddin Supu, S.Pd., M.Si - 196703111994031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.03 Eli P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA