Skripsi
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Bagian-Bagian Tumbuhan Menggunakan Model Discovery Learning Di Kelas IV SD Gmit Oeltua
XMLPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang bagian-bagian tumbuhan menggunakan model discovery learning di kelas IV SD GMIT Oeltua. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tes serta refleksi. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas IV berjumlah 18 orang dengan rincian 11 laki-laki dan 7 perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analis deskriptif kualitatif.
Penelitian ini dilakukan di SD GMIT Oeltua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan langkah-langkah model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I nilai rata-rata kelas 66,05 meningkat menjadi 93,88 pada siklus II dengan peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 25,94. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I 39% meningkat menjadi 94,44% pada siklus II dengan peningkatan persentase 55,44%. Aktivitas siswa pada siklus I 58,08 menjadi 97,47 pada siklus II dengan peningkatan sebesar 39,39. aka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Discovery Learning pada materi tentang bagian-bagian tumbuhan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SD GMIT Oeltua.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
APRILIA NOFITA MONE - Personal Name
|
Student ID |
1601140247
|
Dosen Pembimbing |
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 1 Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidkan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 MON P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |