Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Bagian-Bagian Tumbuhan Menggunakan Model Discovery Learning Di Kelas IV SD Gmit Oeltua

Detail Cantuman

Skripsi

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Bagian-Bagian Tumbuhan Menggunakan Model Discovery Learning Di Kelas IV SD Gmit Oeltua

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang bagian-bagian tumbuhan menggunakan model discovery learning di kelas IV SD GMIT Oeltua. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tes serta refleksi. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas IV berjumlah 18 orang dengan rincian 11 laki-laki dan 7 perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analis deskriptif kualitatif.
Penelitian ini dilakukan di SD GMIT Oeltua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan langkah-langkah model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I nilai rata-rata kelas 66,05 meningkat menjadi 93,88 pada siklus II dengan peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 25,94. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I 39% meningkat menjadi 94,44% pada siklus II dengan peningkatan persentase 55,44%. Aktivitas siswa pada siklus I 58,08 menjadi 97,47 pada siklus II dengan peningkatan sebesar 39,39. aka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Discovery Learning pada materi tentang bagian-bagian tumbuhan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SD GMIT Oeltua.


Detail Information

Item Type
Penulis
APRILIA NOFITA MONE - Personal Name
Student ID
1601140247
Dosen Pembimbing
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 1
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidkan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 MON P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA