Internalisasi Nilai Ketuhanan Melalui Budaya Sekolah Di Era Digital Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Kupang (Kajian Deskriptif Kualitatif)

Detail Cantuman

Skripsi

Internalisasi Nilai Ketuhanan Melalui Budaya Sekolah Di Era Digital Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Kupang (Kajian Deskriptif Kualitatif)

XML

Penelitian ini berjudul “Internalisasi Nilai Ketuhanan Melalui Budaya Sekolah Di Era Digital Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Kupang (Kajian Deskriptif Kualitatif)’. Tujuan dari Penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan peran sekolah dalam internalisasi Nilai ketuhanan melalui budaya sekolah di era digital pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kupang dan untuk mengetahui dan menjelaskan budaya sekolah dalam internalisasi Nilai Ketuhanan di era digital pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kupang. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian kualitatif. Merupakan prosedur Penelitian yang menghasilkan data dan deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan serta perilaku yang dapat diamati. Subjek Penelitian adalah 10 siswa kelas XI (Sebelas), 1 guru kelas dan 1 kepala sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa Peran sekolah dalam internalisasi nilai ketuhanan yaitu adalah kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Kekuatan yang dimiliki oleh sekolah untuk membentuk perilaku untuk menginternalisasi nilai ketuhanan siswa yaitu berupa siswa diwajibkan untuk berdoa sebelum dan sesudah memulai pelajaran, melakukan ibadah wajib setiap hari jumat dan konfersi point. Kelemahan sekolah dalam menginternalisasi nilai ketuhanan yaitu rendahnya pengawasan sekolah sehingga berdampak pada sikap berbohong/tidak jujur, apel hanya dilaksanakan setiap hari senin. peluang sekolah dalam meginternalisasi nilai ketuhanan yaitu siswa diajarkan untuk selalu menyapa satu salam lain baik guru maupun teman sebaya, kebiasaan menyalami guru, saat datang sekolah bertemu guru dan saat pulang sekolah. ancaman sekolah dalam menginternalisasi nilai ketuhanan yaitu bisa dari keluarga dan lingkungan karena jika keluarga dan lingkungan tidak melakukan pengawasaan akan penggunaan Hp maka sekolah akan gagal dalam menanamkan nilai ketuhanan. Sedangkan budaya (pembiasaan) sekolah adalah pembiasaan disiplin, tanggung jawab, adaptif dan integritas.

Kata Kunci: Nilai Ketuhanan, Peran Sekolah, Budaya Sekolah.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
YODIA TUNLIU - Personal Name
Student ID
2101070029
Dosen Pembimbing
MARSI DEVID SETYAWAN BANI - 198203142008121001 - Dosen Pembimbing 1
Fadil Mas,ud - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fredik L. Kollo - 19920208 202203 1 009 - Ketua Penguji
Marsi Devid Setyawan Bani - 198203142008121001 - Penguji 1
Fadil Mas,ud - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 TUN I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA