Skripsi
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA
XML
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi serta menganalisis berbagai faktor yang memengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika. Dengan menerapkan pendekatan kuantitatif berbasis meta-analisis, studi ini mengkaji 85 artikel yang berasal dari publikasi nasional maupun internasional. Faktor utama yang dianalisis mencakup kompetensi matematis, pendekatan pembelajaran, regulasi personal, dan efikasi diri. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasi meta-analisis yang dikombinasikan dengan analisis Structural Equation Modeling (SEM). Pada tahap awal, dilakukan meta-analisis untuk mengumpulkan penelitian-penelitian yang relevan terkait faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Selanjutnya, SEM diterapkan untuk menguji serta memastikan faktor-faktor yang memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan tersebut. Sampel penelitian terdiri dari 85 artikel yang membahas berbagai faktor yang dapat memengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, estimasi ukuran efek mengindikasikan bahwa rata-rata effect size berada dalam kategori sedang berdasarkan kriteria Cohen. Kedua, dari sepuluh variabel indikator yang dianalisis, tidak ditemukan satupun yang memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi matematika. Rendahnya tingkat signifikansi ini diduga disebabkan oleh keterbatasan validitas dan reliabilitas dari variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian.
Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Metaanalisis, SEM
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Lodovika Gornia - Personal Name
|
Student ID |
2001030003
|
Dosen Pembimbing |
Damianus Dao Samo - 19831231 2012212 1 003 - Dosen Pembimbing 1
Aleksius Madu - 19781215 202321 1 005 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Imelda H. E. Rimo - 19890603 202321 2 044 - Ketua Penguji
Aleksius Madu - 19781215 202321 1 005 - Penguji 1 Dr.Damianus Dao samo - 1983123120121003 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 Gor F
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |