Skripsi
Pengaruh Model Pbl Berkonteks Socio Scientific Issues Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA SMAN 4 Kupang Pada Materi Laju Reaksi
XML
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berkonteks socio scientific issues terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMAN 4 Kupang pada materi laju reaksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperiment. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan melalui Nonprobability Sampling, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling/sample, sehingga diperoleh kelas XI A sebagai kelas kontrol dan kelas XI E sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi; wawancara, soal tes dalam bentuk essay untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji hipotesis menggunakan Independent Sampel T Test. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar menggunakan model problem based learning berkonteks socio scientific issue. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai Sig. (2-tailed) lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (α = 0,05) yaitu 0,000 < 0,05.
Kata Kunci : Kemampuan berpikir kritis, Problem Based Learning, Socio Scientific Issues
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
MARIA FANTISIA MONA NIRON - Personal Name
|
Student ID |
2101060049
|
Dosen Pembimbing |
LOLITA AGUSTA MAGDALENA PARERA - 198008092014042001 - Dosen Pembimbing 1
HERU CHRISTIANTO - 199212132019031011 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Lolita Agusta Magdalena, S.Si., M.PKim - 198008092014042001 - Ketua Penguji
Heru Christianto, S.Pd., M.Pd. - 19921213 201903 1 011 - Penguji 1 Arvinda C. Lalang - 199207232019032023 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84204
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Kimia
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.04 NIR P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |
Lampiran Berkas
- Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Model Pembelajaraan Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) Pada Siswa Kelas V SD BoronubaenSkripsi calon Wisudawan S1, Prodi PGSD, FKIP Undana, Periode Juni 2022