Pengaruh Model Pbl Berkonteks Socio Scientific Issues Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA SMAN 4 Kupang Pada Materi Laju Reaksi

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pbl Berkonteks Socio Scientific Issues Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA SMAN 4 Kupang Pada Materi Laju Reaksi

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berkonteks socio scientific issues terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMAN 4 Kupang pada materi laju reaksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperiment. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan melalui Nonprobability Sampling, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling/sample, sehingga diperoleh kelas XI A sebagai kelas kontrol dan kelas XI E sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi; wawancara, soal tes dalam bentuk essay untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji hipotesis menggunakan Independent Sampel T Test. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar menggunakan model problem based learning berkonteks socio scientific issue. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai Sig. (2-tailed) lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (α = 0,05) yaitu 0,000 < 0,05.
Kata Kunci : Kemampuan berpikir kritis, Problem Based Learning, Socio Scientific Issues


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2101060049
Dosen Pembimbing
LOLITA AGUSTA MAGDALENA PARERA - 198008092014042001 - Dosen Pembimbing 1
HERU CHRISTIANTO - 199212132019031011 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Lolita Agusta Magdalena, S.Si., M.PKim - 198008092014042001 - Ketua Penguji
Heru Christianto, S.Pd., M.Pd. - 19921213 201903 1 011 - Penguji 1
Arvinda C. Lalang - 199207232019032023 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Kimia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.04 NIR P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA