Sistem Pengelolaan Dan Pelayanan Parkir Oleh Dinas Perhubungan Kota Kupang (Studi Kasus Pada Ruas Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Kuanino Dan Kelurahan Nunleu Kecamatan Kota Raja)

Detail Cantuman

Skripsi

Sistem Pengelolaan Dan Pelayanan Parkir Oleh Dinas Perhubungan Kota Kupang (Studi Kasus Pada Ruas Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Kuanino Dan Kelurahan Nunleu Kecamatan Kota Raja)

XML

Sistem pengelolaan parkir di Kota Kupang dilaksanakan melalui kerja sama antara Dinas Perhubungan dan pihak ketiga, diatur melalui surat perjanjian kerja. Dinas Perhubungan berperan sebagai regulator yang menetapkan kebijakan parkir dan sebagai evaluator yang mengawasi implementasi kebijakan serta ketersediaan prasarana parkir. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem pengelolaan dan pelayanan parkir di Kota Kupang, yang menghadapi tantangan seiring dengan peningkatan jumlah penduduk dan kendaraan bermotor setiap tahun. Kondisi ini menyebabkan peningkatan kebutuhan akan lahan parkir, mengingat aktivitas masyarakat sebagian besar dilakukan di luar rumah. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan fokus pada Jalan Jenderal Sudirman di Kelurahan Kuanino dan Nunleu, Kecamatan Kota Raja, untuk mendalami peran Dinas Perhubungan Kota Kupang dalam pengelolaan parkir. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif, yang menganalisis proses dan makna dari perspektif subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pengelolaan dan pelayanan parkir di Jalan Jenderal Sudirman masih jauh dari optimal. Fasilitas parkir yang tersedia tidak mencukupi untuk menampung jumlah kendaraan yang semakin meningkat, menyebabkan ketidaknyamanan bagi pengguna. Selain itu, atribut parkir seperti rambu, marka, dan perlengkapan lainnya belum lengkap dan tidak sesuai dengan standar, yang berkontribusi terhadap rendahnya kualitas layanan. Oleh karena itu, diperlukan evaluasi menyeluruh terhadap fasilitas parkir, khususnya di kawasan padat seperti Jalan Jenderal Sudirman. Upaya peningkatan harus mencakup penambahan lahan parkir yang strategis dan perbaikan atribut parkir untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengguna, serta memberikan panduan yang jelas bagi pengendara dalam memarkir kendaraan mereka.

Kata Kunci: Sistem Pengelolaan Parkir, Dinas Perhubungan, Kualitas Pelayanan, Kerja Sama, Fasilitas Parkir


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2103010064
Dosen Pembimbing
David B.W.Pandie - 196410141989011001 - Dosen Pembimbing 1
HENDRIK TODA - 198312042009121005 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
David B.W Pandie - 196112121986011001 - Ketua Penguji
Hendrik Toda - 198312042009121005 - Penguji 1
Nursalam - 196410091991031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 LEO S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA