Skripsi
Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Kupang Barat
XML
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kupang Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran menggunakan model pembelajaran Guided Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa Kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 1 Kupang Barat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Experiment, pengumpulan data menggunakan tes/soal. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 siswa terdiri dari Kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2. Kelas XI IPS 1 sebagai Kelas eksperimen yaitu pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Guided Discovery Learning dan Kelas XI IPS 2 sebagai Kelas Kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukan hasil uji Independent Sample t-Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.00 < 0,05, maka dapat disimpulkan ada perbedaan nilai rata-rata postest Kelas eksperimen sebesar 84,00 dan nilai rata-rata postest Kelas kontrol sebesar 72,43 juga diperoleh nilai sig. (2-tailed ) sebesar 0.00 < 0.05.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa Kelas Eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Guided Discoverry Learning, dengan siswa Kelas Kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
Kata kunci : Model Pembelajaran Guided Discovery Learning, Hasil Belajar Siswa
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
BONJAVA ATIN - Personal Name
|
Student ID |
1801080071
|
Dosen Pembimbing |
Markus U. K. Yewang - 196412231994031002 - Dosen Pembimbing 1
Fernando Saragih - 199407232020121009 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
MARKUS UMBU K. YEWANG - 196412231994031002 - Ketua Penguji
Fernando Saragih - 196301271990031002 - Penguji 1 Erika F. Br Simanungkalit,S.Pd,M.Pd - 199212222019032017 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Ekonomi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.03 ATI P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |