Skripsi
Aktualisasi Program Kampus Mengajar Kampus Mengajar Kemendikbud Oleh Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Dalam Meningkatkan Literasi Peserta Didik di SMPN 1 Malaka Tengah
XML
Alasan memilih masalah tersebut karena adanya masalah terkait minimnya kemampuan literasi peserta didik di SMPN 1 Malaka Tengah dengan adanya program kampus mengajar dapat membantu para siswa yang masih sulit memahami tulisan bahkan kemampuan literasinya yang sangat rendah . Dengan adanya program yang di laksanakan oleh mahasiswa di harapkan agar dapat mengatasi masalah kurangnya kemampuan Literasi Peserta Didik di SMPN 1 Malaka Tengah
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana aktualisasi program kampus mengajar oleh kemendikbud yang di laksanakan dapat meningkatkan kemampuan literasi peserta didik dan juga untuk mendeskripsikan strategi yang di lakukan mahasiswa untuk dapat meningkatkan kemampuan literasi peserta didik di SMPN 1 Malaka tengah
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitartif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh yang diperoleh langsung dari informan melalui wawanacara dan data sekunder yang diperoleh dari data sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawanaca,dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Aktalisasi Program Kampus Mengajar Oleh Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan ilmu Pendidikan Dalam Meningkatkan Literasi Peserta didik Di SMPN 1 Malaka Tengah di laksanakan dengan baik melalui strategi maupun upaya yang di lakukan oleh mahasiswa melalui pembiasaan membaca 15 menit sebelum pembelajaran di mulai, pengadaan pojok baca,dalam proses mengajar mahasiswa selalu menyelingi pelajaran dengan game yang menarik agar siswa lebih semangat dalam belajar ,Memperkenalkan Aplikasi Edukatif berupa penggunaan Quisis dan mengedukasi kepada siswa untuk lebih banyak mengerjakan tugas menggunajan canva ,pendampingan khusus bagi siswa yang masi mengalami kesulitan dalam hal literasi agar dapat meningkatkan kemampuan literasi peserta didik hal ini di lihat dari hasi asesmen siswa yang menunjukan adanya peningkatan literasi siswa yang cukup tinggi di bandingkan dengan hasil sebelumnya.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis | |
Student ID |
2101070053
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Marsi Devid Setyawan Bani - 198203142008121001 - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI |
87205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
pedidikan pancasila dan kewarganegaraan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
632.11.Ger M
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |