Nilai-Nilai Sosial Budaya Yang Terkandung Dalam Sistem Barter Di Pasar Wulandoni Kabupaten Lembata

Detail Cantuman

Skripsi

Nilai-Nilai Sosial Budaya Yang Terkandung Dalam Sistem Barter Di Pasar Wulandoni Kabupaten Lembata

XML

Tujuan dalam penelitian ini adalah Mendeskripsikan alasan masyarakat Wulandoni masih menggunakan sistem barter sampai saat ini, Mendeskripsikan proses pelaksanaan sistem barter di Pasar Wulandoni Kabupaten Lembata, Mendeskripsikan nilai sosial budaya yang terdapat dalam sistem barter dan Mendeskripsikan manfaat dari pasar barter bagi masyarakat Wulandoni.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer yang diperoleh langsung dari informan melalui wawancara dan data sekunder dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh dari desa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara dan dokumentasi dengan maksud untuk mengumpulkan data sesuai dengan masalah penelitian.
Hasil ini menunjukkan bahwa proses pelaksanaan sistem barter memiliki beberapa tahapan (1) mereka datang dari Desanya masing-masing dan menempati tempat yang sudah disediakan (2) masyarakat menunggu hingga jam 09:30 mandor pasar meniupkan pluif tanda mulainya proses barter. (3) Masyarakat pedalaman tetap duduk ditempat, sedangkan masyarakat pesisir berjalan untuk menukar ikan dengan hasil kebun (4) dalam transaksi barter, masyarakat berpegang teguh pada norma kejujuran dilihat dari sikap tolong-menolong, rasa kepedulian dan saling menghargai perbedaan mengingat di pasar barter tersebut terjadi pertemuan dari berbagai desa dari masyarakat Pedalaman dan masyarakat pesisir ( Desa pantai Harapan, dan Desa Lebala) yang kebanyakan beragama islam namun dalam pasar barter tersebut mereka sangat menjunjung tinggi nilai toleransi dengan cara berbicara dengan tutur kata yang baik dan sopan, saling menghormati satu sama lain, saling menjaga kepercayaan terhadap sesama yang beragama islam begitupula sebaliknya..


Detail Information

Item Type
Penulis
ROSWITA SATE LEBAO - Personal Name
Student ID
1601070006
Dosen Pembimbing
Petrus Ly - 1959121119861002 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Ketua Penguji
Dorcas Langgar - 195809031986012001 - Penguji 1
LEONARD LOBO - 195912311987021005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGA NEGARAAN
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 LEB N
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA