Pengaruh Pemberian Reward Oleh Guru Mata Pelajaran Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Saat Kegiatan Pembelajaran Di SMP Negeri 12 Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Pemberian Reward Oleh Guru Mata Pelajaran Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Saat Kegiatan Pembelajaran Di SMP Negeri 12 Kota Kupang

XML

Melalui pemberian reward oleh guru matapelajaran dapat membangkitkan semangat belajar siswa agar lebih aktif dan antusias pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Namun, pada kenyataan yang terjadi reward hanya diberikan ketika peserta didik memperoleh suatu keberhasilan yang besar, sehingga jarang ditemukan jika pemberian reward sebagai salah satu tanda perhatian dan kasih sayang serta penghargaan terhadap kemampuan peserta didik agar peserta didik terdorong untuk aktif dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1)bagaimana gambaran pemberian reward, (2)bagaimana gambaran keaktifan belajar siswa, (3)apakah terdapat pengaruh pemberian reward oleh guru matapelajaran terhadap keaktifan belajar siswa pada saat kegiatan pembelajaran di SMP Negeri 12 Kota Kupang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif. Lokasi penelitian di SMP Negeri 12 Kota Kupang. Waktu penelitian kurang lebih () 7 bulan. Populasi pada penelitian ini adalah 277 peserta didik. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Kupang. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner secara online kepada peserta didik sebanyak 73 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1)pemberian reward oleh guru matapelajaran berada pada kategori sangat setuju (86,3%), (2)keaktifan belajar siswa pada saat kegiatan pembelajaran berada pada kategori sangat tinggi (61,6%) (3)hasil uji pengaruh dengan menggunakan uji regresi linear sederhana diperoleh Fhitung=34.005 >Ftabel dengan taraf signifikan 0,05 = 3,97 menunjukkan secara siginifikan bahwa terdapat pengaruh pemberian reward oleh guru matapelajaran terhadap keaktifan belajar siswa pada saat kegiatan pembelajaran di SMP Negeri 12 Kota Kupang.

Kata Kunci : Pemberian Reward, Keaktifan Belajar Pemberian reward oleh guru matapelajaran perlu ditingkatkan sehingga dapat menumbuhkan keaktifan belajar siswa pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung


Detail Information

Item Type
Penulis
Maria Anina Koe Mau - Personal Name
Student ID
1601160081
Dosen Pembimbing
Imanuel Lohmay - 195805051986011001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Imanuel Lohmay - 195805051986011001 - Ketua Penguji
Andriani Paulin Nalle - 198304142008122004 - Penguji 1
Uda Geradus - 195812311986031021 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86201
Edisi
Published
Departement
Bimbingan dan Konseling
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.01 Mau P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA