Perancangan Rest Area Di Jalur Ruteng-Labuan Bajo Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat

Detail Cantuman

Skripsi

Perancangan Rest Area Di Jalur Ruteng-Labuan Bajo Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat

XML

Jalur Ruteng-Labuan Bajo merupakan jalur lalulintas Trans Flores yang menghubungkan kota Ruteng dan kota Labuan Bajo dengan jarak tempuh 132 km dan waktu tempuh sekitar 4 jam. Kondisi ini menyebabkan pengguna jalan membutuhkan sebuah fasilitas untuk bisa beristirahat sejenak. Berdasarkan kenyataan saat ini, fasilitas istirahat yang sudah ada sebelumnya belum mampu menjadi wadah pemenuhan kebutuhan pengguna jalan sepanjang jalur Ruteng-Labuan Bajo. Berdasarkan masalah tersebut, maka perlu adanya perancangan tempat istirahat sepanjang jalur ruteng Labuan bajo sebagai fasilitas pemenuhan kebutuhan yang nyaman dan aman bagi pengguna jalan
Metode yang digunakan merupakan metode perancangan arsitektur yang dikaji dalam beberapa tahap yaitu identifikasi masalah, pengumpulan data, analisis dan sintesis. Proses analisis pada perancangan rest area mencangkup analisis tapak, analisis fungsi, analisis aktivitas pengguna, analisis pendekatan, analisis utilitas, dan analisis struktur. Pendekatan perancangan yang digunakan dalam perancangan rest area di jalur Ruteng-Labuan Bajo adalah pendekatan green architecture yang memanfaatkan material daur ulang sebagai material siap pakai yang diterapkan pada interior maupun ekterior bangunan, memberikan banyak bukaan pada bangunan, serta membuat area hijau pada tapak.
Hasil dari perancangan rest area dengan pendekatan green architecture di jalur Ruteng-Labuan bajo, antara lain: (1) Area perbelanjaan dengan fasilitas seperti café & resto, retail, restorant cepat saji, UKM, area istirahat dengan fasilitas seperti ruang rehat, hotel melati, dan penginapan sopir, serta area pengisian bahan bakar dengan fasilitas seperti SPBU dan fasilitas bengkel, (2) Area rekreasi berupa taman dan area parker pada kawasan (3) Tampilan material daur ulang dari ban bekas seperti partisi, lampu hias, pot bunga, meja, kursi, dan tampilan fasad pada beberapa sisi bangunan.
.
Kata Kunci: Perancangan, Rest Area, Green Architecture.


Detail Information

Item Type
Penulis
Yuliana Suriani Matur - Personal Name
Student ID
1606090081
Dosen Pembimbing
SULIHA NINGSIH IMELDA NEONUFA - 197707072006042001 - Dosen Pembimbing 1
RIFAT YAFET YOKTAN MAROMON - 19750101200812100 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Linda W Fanggidae - 197102272000122001 - Ketua Penguji
Suliha Ningsih Imelda Neonufa - 197707072006042001 - Penguji 1
Rifat Yafet Yoktan Maromon - 19750101200812100 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
23201
Edisi
Published
Departement
Arsitektur
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
232.01 Mat P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA