Skripsi
Peran guru PPKn dalam mengimplementasikan nilai-nilai karakter profil pelajar pancasla di SMP Negeri 20 Kupang
XML
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Bagaimana bentuk pengintegrasian nilai-nilai karakter Profil Pelajar Pancasila dalam penyusunan modul ajar PPKn oleh guru di SMP Negeri 20 Kupang dan Bagaimana bentuk-bentuk implementasi nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila melalui aktivitas atau kegiatan-kegiatan pembelajaran PPKn di SMP Negeri 20 Kupang
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari informan melalui wawancara dan data sekunder yang diperoleh dari data sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil Penelitian ini menunjukan beberapa hal sebagai berikut: 1) Guru PPKn di SMP Negeri 20 Kupang sudah mengintegrasikan nilai-nilai karakter Profil pelajar Pancasila ke dalam penyusunan modul ajar dalam proses pembelajaran di sekolah kemudian Profil pelajar Pancasila juga diterapkan dalam berbagai bentuk kegiatan baik dalam kegiatan ekstrakurikuler, intrakurikuler maupun budaya di dalam sekolah.) implementasi nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran PPKn di SMP Negeri 20 Kupang telah diterapkan melalui kegiatan pembelajaran dan hasil dari implementasi profil pelajar Pancasila berupa kebiasaan aktifitas di dalam kelas maupun di luar kelas.
Kata kunci: Guru PPKn, Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan karakter
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Kristianus Tena Keu - Personal Name
|
Student ID |
2101070012
|
Dosen Pembimbing |
Petrus Ly - 1959121119861002 - Dosen Pembimbing 1
Daud Yefkanius Nassa - 9908419488 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
87205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
632.11 Ger M
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |