Skripsi
HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DAN DISIPLIN BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING FKIP UNDANA
XMLNyoman, Benediktus. 2021. Hubungan Motivasi Berprestasi dan Disiplin Belajar pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Undana. Skripsi. Program studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana Kupang.
Pembimbing
Dr. Imanuel Lohmay, M. Pd dan Putu Agus Indrawan, S. Pd., M. Pd
Kata Kunci: Motivasi Berprestasi dan Disiplin Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Gambaran Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Undana, (2) Gambaran Disiplin Belajar pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Undana, (3) hubungan antara Motivasi Berprestasi dengan Disiplin Belajar pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Undana. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitian Korelasi. Lokasi penelitian Kampus B Undana Walikota Kupang. Waktu penelitian kurang lebih delapan bulan. Populasi dalam penelitian ini mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling semester II, IV, VI, VIII dan X sejumlah 525 Mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 84 mahasiswa dengan teknik pengambilan proportionate stratified random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini motivasi berprestasi dan disiplin belajar variabel terikat. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala motivasi berprestasi dan skala disiplin belajar. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis Korelasi pearson product moment dengan bantuan program SPSS for windows 16.00 version.
Hasil penelitian analisis deskriptif menunjukkan bahwa mahasiswa dominan memiliki motivasi berprestasi dan disiplin belajar yang tinggi ditunjukan dengan jumlah kategori motivasi berprestasi sebanyak 47 (56%) mahasiswa dan jumlah kategori disiplin belajar sebanyak 45 (54%). Analisis korelasi pearson product moment menunjukkan bahwa motivasi berprestasi dengan disiplin belajar mahasiswa Bimbingan Konseling FKIP Undana memiliki tingkat hubungan yang signifikan serta berada pada kategori tinggi yang ditunjukkan dengan nilai rxy sebesar 0,630
Hasil pengujian signifikansi korelasi, menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dan disiplin belajar pada mahasiswa program studi bimbingan dan konseling Undana dibuktikan dengan dengan nilai r hitung > r tabel (0,630 > 0, 2146) dengan signifikansi dari probabilitas 0,000<0,05 dan memiliki hubungan yang tinggi dengan arah yang positif.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
BENEDIKTUS NYOMAN - Personal Name
|
Student ID |
1701160006
|
Dosen Pembimbing |
Imanuel Lohmay - 195805051986011001 - Dosen Pembimbing 1
PUTU AGUS INDRAWAN - 198909302018031001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Imanuel Lohmay - 195805051986011001 - Ketua Penguji
Andriani Paulin Nalle - 198304142008122004 - Penguji 1 Putu Agus Indrawan - 198909302018031001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Bimbingan Konseling
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.01 Kue S
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |