Skripsi
Persepsi Orangtua Tentang Perbedaan Paud Formal Dan Paud Nonformal Di Kelurahan Naikolan Kota Kupang
XMLTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi orangtua terhadap perbedaan PAUD formal dan PAUD nonformal di Kelurahan Naikolan Kota Kupang. Subjek dalam penelitian ini yaitu tujuh orangtua yang memiliki anak usia 2 sampai 4 tahun di kelurahan Naikolan kota Kupang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dan dokumentasi. Keabasahan data mengunakan teknik triangulasi dan menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa hampir seluruh responden berpersepsi bahwa PAUD formal adalah pendidikan yang sudah disiapkan oleh pemerintah atau pihak swasta untuk mengembangkan pengetahuan anak usia dini, sedangkan PAUD nonformal yaitu pendidikan yang secara langsung dilakukan oleh keluarga sendiri atau kelompok bermain terhadap anak dalam mengembangkan pengetahuan mereka. Sedangkan perbedaan dari PAUD formal dan PAUD nonformal adalah PAUD formal sudah disiapkan fasilitas belajar mengajar yang baik dan juga guru yang berprofesi. Sedangkan PAUD nonformal yaitu pendidikan yang hanya dilakukan oleh keluarga secara mandiri di rumah atau melalui kelompok bermain agar anak lebih cerdas ketika melanjutkan ke pendidikan formal.
Kata kunci: perseps,i orangtua, pendidikan anak usia dini
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Valentina Muna - Personal Name
|
Student ID |
1621180031
|
Dosen Pembimbing |
ANGELIKUS NAMA KOTEN - 196109161987021001 - Dosen Pembimbing 1
ABDUL SYUKUR - 198011162008121001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Ketua Penguji
Irul Khotijah - 199207182019032016 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86207
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Anak Usia Dini
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.07 MUN P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |