Penguatan Etika Literasi Digital Pada Siswa Untuk Menanggulangi Penyebaran Hoax Di Media Sosial Melalui Pembelajaran PPKn Di Kelas Vii Smp Negeri 8.

Detail Cantuman

Skripsi

Penguatan Etika Literasi Digital Pada Siswa Untuk Menanggulangi Penyebaran Hoax Di Media Sosial Melalui Pembelajaran PPKn Di Kelas Vii Smp Negeri 8.

XML

Peneliti ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguatan etika digital pada siswa untuk mengatasi penyebaran hoax di media sosial melalui pendidikan kewarganegaraan (UPTD SMP NEGERI 8 KUPANG). Penelitian ini menggunakan cara pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari informan melalui wawancara dan data sekunder yang diperoleh dari data Sekolah. Metode pengumpulan informasi yang digunakan ialah observasi, wawancara dengan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan beberapa hal sebagai berikut: Pertama, Pendidikan Kewarganegaraan cukup penting untuk mengakomodasi visi kewarganegaraan dengan mempersiapkan siswa untuk memiliki kompetisi ekonomi, pekerjaan produktivitas yang kompleks, keamanan global, dan pengembangan media internet adalah krusial untuk keberlanjutan demokrasi. Kedua, memperkuat etika digital untuk menangani penyebaran hoax di media sosial melalui pendidikan kewarganegaraan oleh peserta didik menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar kognitif dan sikap peduli lingkungan siswa sebelum dan setelah diterapkan perangkat SSP berbasis PBL. UPTD SMP NEGERI 8 KUPANG yang melibatkan tiga tahap: perencanaan, pembelajaran, implementasi, dan evaluasi. Pengajar tahap implementasi seperti yang dilakukan memperkuat etika digital untuk siswa dengan beragam metode pembelajaran, gerakan literasi, dan program sekolah seperti kelas cyber, e-learning-kelas digital, dan PAS online. Ketiga, hambatan untuk memperkuat etika digital adalah kemampuan siswa, status sosial ekonomi, keterampilan guru.

Kata kunci: etika digital, berita bohong (hoax), Pendidikan Kewarganegaraan, Media Sosial.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Afrinia Juita Nahak - Personal Name
Student ID
2101070095
Dosen Pembimbing
Fredik L. Kollo - 199208112020121016 - Dosen Pembimbing 1
Daud Y. Nassa - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fredik L. Kollo - 19920208 202203 1 009 - Ketua Penguji
Daud Y. Nassa - - Penguji 2
Marsi D.S Bani - 198203142008121001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
87205 Nah P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA