Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Tentang Nilai dan Norma Kelas V SD Inpres Oesapa Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Tentang Nilai dan Norma Kelas V SD Inpres Oesapa Kota Kupang

XML

Skripsi oleh Inda Tridia Selan NIM 2101140013 PGSD 2024 dengan Judul Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Tentang Norma dan Aturan Di Kelas V SD Inpres Oesapa Kota Kupang . Dengan rumusan masalah adalah: Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Tentang Norma dan Aturan Di Kelas V SD Inpres Oesapa Kota Kupang ? Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Tentang Norma dan Aturan Di Kelas V SD Inpres Oesapa Kota Kupang. Metode Penelitian ini yakni Penelitian Tindakan Kelas, Teknik Pengumpulan Data yang digunakan terdiri dari teknik observasi dan teknik tes; subjek penelitian nya 27 orang terdiri dari 18 laki-laki dan 9 perempuan dengan teknik analisis datanya yaitu Deskriptif Kualitatif. Penelitian ini diadakan di SD Inpres Oesapa Kota Kupang, dengan hasil penelitian menunjukan bahwa hasil pada siklus I dari 27 orang yang tuntas 11 orang (41%), tuntas karena memperhatikan penjelasan guru, tidak bermain pada saat pembelajaran berlangsung, mampu bekerjasama dalam kelompok, mempresentasikan hasil diskusi, mengerjakan soal tes dengan benar. Sedangkan yang tidak tuntas 16 orang (59%), dinyatakan belum tuntas karena tidak memperhatikan penjelasan guru, bermain pada saat pembelajaran berlangsung, tidak mampu bekerjsama dalam kelompok, tidak mampu mempresentasikan hasil diskusi, tidak mempu mengerjakan soal tes dengan benar. Kekurangan guru yakni belum sepenuhnya menguasai kelas, guru kurang membimbing peserta didik pada saat kerja kelompok, guru kurang mengelolah kelas dengan baik. Selanjutnya, Siklus II dari 27 peserta didik, dinyatakan tuntas berjumlah 25 orang (93%), dikatakn tuntas karena peserta didik tidak asik sendiri, saling bekerjasama dalam kelompok, mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas, sudah bisa mengikuti pembelajaran dengan penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan baik, percaya diri dalam bertanya atau menjawab pertanyaan dari guru, bisa mengerjakan soal evaluasi dengan sangat baik. Sedangkan yang tidak tuntas 2 orang (7%) tidak tuntas dikarnakan masih kurang aktif di kelas, tidak memperhatikan penjelasan guru. Untuk 2 orang yang tidak tuntas akan diberikan remedial dan penggayaan oleh wali kelas. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Tentang Norma dan Aturan Kelas V SD Inpres Oesapa Kota Kupang, dapat Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Norma dan Aturan, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Inda Tridia Selan - Personal Name
Student ID
2101140013
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota, S.Pd, M.Pd - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Martha Kristin Kota, S.Pd, M.Pd NUPN. 990000 7842 - - Penguji 1
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 SEL P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA