Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Tentang Keragaman Di Indonesia Pada Kelas V SD Inpres Oesapa Kota Kupang
XML
Penelitian ini diadakan di SD Inpres Oesapa Kota Kupang, dengan hasil penelitian menunjukan bahwa hasil pada siklus I dari 28 orang yang tuntas 12 orang (43%), tuntas karena tidak bermain pada saat pembelajaran berlangsung, menyimak dengan baik penjelasan guru,memahami materi yang diajarkan, mempresentasikan hasil diskusi,mengerjakan soal tes dengan benar. Sedangkan yang tidak tuntas 16 orang (57,11%), dinyatakan belum tuntas karena bermain pada saat pembelajaran berlangsung, tidak menyimak dengan baik penjelasan guru, belum memahami materi yang diajarkan, belum mampu mempresentasikan hasil diskusi, belum mampu mengerjakan soal tes dengan benar. Kekurangan guru yakni belum mampu menguasai kelas, guru kurang membimbing peserta didik pada saat bekerja kelompok,guru menjelaskan materi tidak sesuai dengan alokasi waktu yang ditetapkan. Selanjutnya, Siklus II dari 28 peserta didik, dinyatakan tuntas berjumlah 24 orang (86%), karena peserta didik mampu bekerjasama dengan baik dalam kelompok, mampu mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas, mampu mengikuti pembelajaran dengan penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan baik, mampu bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru, mampu memahami dengan baik penjelasan dari guru, mampu mengerjakan soal evaluasi dengan sangat baik. Sedangkan yang tidak tuntas 4 orang (14,28%) tidak tuntas disebabkan masih kurang aktif di kelas, tidak memperhatikan penjelasan guru Untuk 4 orang yang tidak tuntas akan diberikan remedial dan penggayaan oleh wali kelas.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Tentang Keragaman di Indonesia Pada Kelas V SD Inpres Oesapa Kota Kupang, dapat Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Keragaman di Indonesia, Hasil Belajar.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
IRNA MAYANGSARI NAUK - Personal Name
|
Student ID |
2101140014
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Rista A. Devi - - Penguji 1 Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd - 196210041988112001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 NAU P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |