Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Tentang Keragaman Di Indonesia Pada Kelas V SD Inpres Oesapa Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Tentang Keragaman Di Indonesia Pada Kelas V SD Inpres Oesapa Kota Kupang

XML

Penelitian ini diadakan di SD Inpres Oesapa Kota Kupang, dengan hasil penelitian menunjukan bahwa hasil pada siklus I dari 28 orang yang tuntas 12 orang (43%), tuntas karena tidak bermain pada saat pembelajaran berlangsung, menyimak dengan baik penjelasan guru,memahami materi yang diajarkan, mempresentasikan hasil diskusi,mengerjakan soal tes dengan benar. Sedangkan yang tidak tuntas 16 orang (57,11%), dinyatakan belum tuntas karena bermain pada saat pembelajaran berlangsung, tidak menyimak dengan baik penjelasan guru, belum memahami materi yang diajarkan, belum mampu mempresentasikan hasil diskusi, belum mampu mengerjakan soal tes dengan benar. Kekurangan guru yakni belum mampu menguasai kelas, guru kurang membimbing peserta didik pada saat bekerja kelompok,guru menjelaskan materi tidak sesuai dengan alokasi waktu yang ditetapkan. Selanjutnya, Siklus II dari 28 peserta didik, dinyatakan tuntas berjumlah 24 orang (86%), karena peserta didik mampu bekerjasama dengan baik dalam kelompok, mampu mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas, mampu mengikuti pembelajaran dengan penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan baik, mampu bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru, mampu memahami dengan baik penjelasan dari guru, mampu mengerjakan soal evaluasi dengan sangat baik. Sedangkan yang tidak tuntas 4 orang (14,28%) tidak tuntas disebabkan masih kurang aktif di kelas, tidak memperhatikan penjelasan guru Untuk 4 orang yang tidak tuntas akan diberikan remedial dan penggayaan oleh wali kelas.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Tentang Keragaman di Indonesia Pada Kelas V SD Inpres Oesapa Kota Kupang, dapat Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Keragaman di Indonesia, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
IRNA MAYANGSARI NAUK - Personal Name
Student ID
2101140014
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Rista A. Devi - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Rista A. Devi - - Penguji 1
Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd - 196210041988112001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 NAU P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA