Pemahaman Guru dan Implementasi Konsep Profil Pelajar Pancasila Pada Siswa Kelas IX UPTD SMP Negeri 1 Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pemahaman Guru dan Implementasi Konsep Profil Pelajar Pancasila Pada Siswa Kelas IX UPTD SMP Negeri 1 Kota Kupang

XML

Tujuan dalam penelitian ini adalah 1), Mendeskripsikan tingkat
pemahaman konsep guru PPKn terhadap macam-macam sikap, perilaku dan
karakter baik terhadap enam elemen P5 2), Mendeskripsikan bentuk dan
jenis sikap dan perilaku dari masing-masing enam elemen P5 3),
Mendeskripsikan bentuk pembiasaan setiap sikap dan perilaku dari keenam
elemen P5 dalam pembelajaran PPKn di Kelas IX UPTD SMP Negeri 1
Kota Kupang
Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif kualitatif. Metode deskriptif adalah dimana pengumpulan data
untuk mengakses pertanyaan penelitian yang berkaitan dengan keadaan dan
kejadian di lokasi penelitian. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk
menggambarkan fakta dan keadaan obyek dan subyek yang diteliti dengan
baik dan tepat. Penelitian ini menggunakan beberapa teknik: menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan infromasi dari
responden, mendokumentasikan proses penelitian di lapangan sebagai bukti
penelitian
Hasil penelitian ini menunjukan beberapa hal sebagai berikut: 1) Guru
sudah memahami tentang Profil Pelajar Pancasila dan sudah menerapkan Profil
Pelajar Pancasila dalam proses pembelajaran di sekolah kemudian Profil Pelajar
Pancasila juga diterapkan dengan berbagai bentuk kegiatan baik kegiatan
intrakurikuler, ekstrakurikeler maupun budaya sekolah 2) Dalam modul ajar
karakter P5 dapat di integrasikan dalam berbagai aspek ialah mengembangkan
kesadaran akan pentingnya karakter peserta didik sehingga karakter P5
meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan meningktakan kemampuan
berkomunikasi 3) Dalam pembelajaran PPKn di kelas IX pembiasaan sikap
dan perilaku dari dimensi keenam P5 dilakukan dengan pendekatan yang
terstruktur. Setiap dimensi beriman dan bertakwa, berkebhinekaan global,
gotong royong, kreatif, mandiri, serta bernalar kritis diperkenalkan melalui
berbagai aktivitas yang melibatkan siswa secara langsung. Pembiasaan ini
dilakukan dengan Mengintegrasikan nilai-nilai P5 dalam setiap materi
pembelajaran , agar siswa dapat memahami dan mengajarkan sikap dan
perilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Hinorio Do Santus Kolo - Personal Name
Student ID
2101070011
Dosen Pembimbing
Prof. Dr. Drs. Petrus Ly, M.Si - 195912111986011002 - Dosen Pembimbing 1
Meryana M. Doko, SH., M.Pd - 197205152024212005 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fredik L. Kollo,S.Pd.M.Pd - 19920208 202203 1 009 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 Kol P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA