PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPAS TENTANG HARMONI EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR SISWA KELAS VA SDN NULAINA

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPAS TENTANG HARMONI EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR SISWA KELAS VA SDN NULAINA

XML

Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tes, serta refleksi. Jumlah subjek penelitian 17 orang yang terdiri dari 9 laki- laki dan 7 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Nulaina, dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I dari 17 peserta didik yang tuntas 7 orang (41,12%) karena memperhatikan penjelasan guru, tidak bermain pada saat pembelajaran berlangsung, ikut aktif dalam kelompok dan mengerjakan soal dengan benar. Sedangkan yang tidak tuntas 10 orang (58,82%) karena tidak memperhatikan guru pada saat pembelajaran, suka mengganggu teman, tidak aktif dalam kelompok, suka bercerita dan bermain pada saat pembelajaran berlangsung, dan tidak mengerjakan soal dengan benar. Selanjutnya pada siklus II hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu dari 17 peserta didik yang tuntas 15 orang (88%) karena peserta didik saling bekerja sama dan aktif dalam kelompok, peserta didik konsentrasi dan terlibat langsung dalam pembelajaran berlangsung dan mampu mengerjakan soal dengan benar. Sedangkan 2 orang yang tidak tuntas (11%) dikarenakan masih asik sendiri pada saat pembelajaran berlangsung sehingga 2 orang yang tidak tuntas pada siklus II akan diberikan pengayaan oleh wali kelas. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan Penerapan Model Problem Based Learnig dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VA SDN Nulaina.
Kata Kunci : Problem Based Learning, Harmoni dalam Ekosistem, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Atriana Therik - Personal Name
Student ID
2001140024
Dosen Pembimbing
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Ketua Penguji
Treesly Y. N. Adoe - NIDK 8821723420 - - Penguji 1
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 The P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA