Efektivitas Program Sistem Manajemen Pertanian Terintegrasi (SIMANTRI) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (studi pada SIMANTRI IX Poco Likang Kabupaten Manggarai)

Detail Cantuman

Skripsi

Efektivitas Program Sistem Manajemen Pertanian Terintegrasi (SIMANTRI) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (studi pada SIMANTRI IX Poco Likang Kabupaten Manggarai)

XML

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Latar belakang dari penelitian ini adalah masih ditemukan masalah dalam pelaksanaan program SIMANTRI ini diantaranya ialah masih kurangnya tenaga pendamping lapangan, tidak adanya kerja sama antar kelompok tani yang mana memilih untuk bekerja secara individual dibandingkan berkelompok, penguasaan alat kegiatan SIMANTRI belum sepenuhnya dikuasai karena terbatasnya jumlah alat kegiatan yang menyebabkan banyak anggota yang tidak mengikuti kegiatan SIMANTRI yang berujung pada hasil yang didapat petani dari kegiatan pertanian dan peternakan mengalami kerugian yang disebabkan oleh gagal panen (diserang hama) dan kematian pada ternak sapi akibat penyakit dan kurangnya perhatian anggota kelompok tani dalam mengurus ternak. Untuk itu, peneliti menggunakan teori sistem untuk mengukur keefektifan program SIMANTRI, dimana teori ini menilai efektifnya suatu program dilihat dari keberhasilan input, proses, dan outputnya. Pada input, yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah sumber daya manusia, anggaran, dan sarana pra sarana penunjang. Untuk mengukur proses program SIMANTRI, peneliti menilik lebih jauh pada pendampingan dan bimbingan kepada kelompok sasaran, pendampingan terhadap usaha kelompok tani, pembagian kerja kelompok tani kerjasama anggota kelompok tani untuk menghasilkan output, pengunaan alat kegiatan simantri bidang pertanian dan penggunaan alat kegiatan SIMANTRI bidang peternakan, sedangkan untuk output dari program ini adalah pendapatan petani. Hasil dari penelitian ini adalah masih ditemukannya beberapa masalah,baik input, proses atau output. Dalam input, masih kurangnya tenaga pendamping pertanian

Kata kunci: Efeektivitas, SIMANTRI IX, Input, Proses, Output


Detail Information

Item Type
Penulis
Maria Trifonia - Personal Name
Student ID
1503010028
Dosen Pembimbing
JACOBA DAUD NIGA - 196004061987022001 - Dosen Pembimbing 1
Made N. D. Andayana - 19701029 200912 1 001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Jacoba Daud Niga - 196004061987022001 - Ketua Penguji
Made Ngurah Demi Andayana - 197010292009121001 - Penguji 1
Primus Lake - 195908281987021002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 Tri E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA