“MANAJEMEN ISU RSUD MGR. GABRIEL MANEK, SVD ATAMBUA (Studi Kasus Pada Pemberitaan Di Media On-Line)”

Detail Cantuman

Skripsi

“MANAJEMEN ISU RSUD MGR. GABRIEL MANEK, SVD ATAMBUA (Studi Kasus Pada Pemberitaan Di Media On-Line)”

XML

ABSTRAK
Indri Febriyanti Maanana (1603050085)** “Manajemen Isu RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD Atambua (Studi Kasus pada Pemberitaan di Media Online)”. Dibimbing oleh Drs. Lukas L. Daga, M.Si sebagai Pembimbing I dan I Gusti A. R. Pietriani, S.Sos, M.I.Kom, selaku Pembimbing II. Terdiri dari 89 halaman, 17 Referensi buku, 3 referensi skripsi, 1 Jurnal Ilmiah dan 8 situs internet.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah Manajemen isu yang dilakukan oleh RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD Atambua, terkait pemberitaan di media online dan untuk mengevaluasi Strategi RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD Atambua terkait pemberitaan di media online. Teori yang digunakan peneliti dalam penelitian iniyaitu teori Daur Hidup Isu (issue life cycle theory) yang digunakan untuk melihat fenomena pengelolaan isu yang dilakukan oleh RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD Atambua. Metode yang digunakan adalah metode penelitian Studi kasus kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yang dilakukan menggunakan teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD Atambua sebagai organisasi yang bergerak disektor publik, walaupun tidak memiliki bagian Humas secara terstruktur akan tetapi melaksanakan aktivitas Kehumasan melalui bidang Pelayanan dan Tata Usaha. RSUD Atambua, menggunakan beberapa langkah dalam menangani isu pemberitaan di media online antara lain; identifikasi isu, analisis isu, perencanaan strategi, dan evaluasi hasil. Namun, sikap seorang praktisi Humas yang dicerminkan oleh Bidang Pelayanan dan Tata Usaha adalah Reaktif. Dimana, praktisi Humas RS akan menanggapi setiap isu pemberitaan apabila isu tersebut telah meminta konfirmasi terlebih dahulu, apabila tidak dimintai konfirmasi maka isu tersebut dianggap tidak ada. Maka dari itu, Bidang Pelayanan dan Tata Usaha yang merangkap menjadi praktisi Humas harus bertindak proaktif agar supaya setiap isu yang diberitakan oleh media tidak hanya menghindari dari luar saja, tetapi juga menelusuri sampai kedalam hingga mendapatkan solusinya.
Kata Kunci: Manajemen Isu dan Pemberitaan di Media Online.


Detail Information

Item Type
Penulis
INDRI FEBRIYANTI MAANANA - Personal Name
Student ID
1603050085
Dosen Pembimbing
LUKAS LEBI DAGA - 195911121987021001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Lukas Lebi Daga - 195911121987021001 - Ketua Penguji
I Gusti A.R. Pietriani - - Penguji 1
Ferly Tanggu Hana - 198202162010122001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Subyek
No Panggil
702.01
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA