Skripsi
Peran Guru PPKn Dalam Membentuk Sikap Nasionalisme Siswa Kelas XI Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila (Berkebinekaan Global) Di SMKN 5 Kupang
XML
Alasan pemilihan masalah ini ialah Pertama, pengaruh media sosial dan arus informasi yang tidak terbatas yang menyebabkan siswa lebih terfokus pada trend global dari nilai nasional mereka sendiri. Kedua, ketidakseimbangan dalam pendidikan mengenai sejarah, budaya, dan nilai-nilai nasional dalam kurikulum sekolah. Ketiga, Siswa yang mengalami ketimpangan sosial dan ekonomi. Keempat, Keanekaragaman sosial dan kultural. Kelima, Pengaruh Keluarga dan Lingkungan.
Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui dan menjelaskan peran dan strategi guru PPKn dalam membentuk sikap Nasionalisme siswa melalui profil pelajar Pancasila (Berkebinekaan Global) di SMKN 5 Kupang.
Penelitian ini menggunakan metode pandekatan kualitatif deskripif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari informan melalui wawanacara. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawanaca, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, didapati bahwa guru PPKn di SMKN 5 Kupang memiliki berbagai peran sebagai fasilitator, motivator, model perilaku, inovator, dan kolaborator, guru membantu siswa memahami, menginternalisasi, dan mengamalkan nilai-nilai kebangsaan dalam kehidupan mereka. sementara itu strategi guru PPKn dalam membentuk sikap nasionalisme siswa di SMKN 5 Kupang yaitu, melibatkan pendekatan kontekstual, diskusi reflektif, kerja sama melalui gotong royong, studi kasus keberagaman, dan pemanfaatan media digital. Dengan pendekatan yang relevan dan inovatif, pembelajaran PPKn menjadi lebih efektif dalam membangun kesadaran nasionalisme di kalangan siswa di tengah tantangan globalisasi.
Kata Kunci : Peran Guru PPKn, Nasionalisme, Profil Pelajar Pancasila, Berkebinekaan Global, SMKN 5 Kupang
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
JOSUA BENAYA YOUNGREN TEFA - Personal Name
|
Student ID |
2101070108
|
Dosen Pembimbing |
Fredik L. Kollo - 199208112020121016 - Dosen Pembimbing 1
Fadil Mas'ud - 199003052023211022 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Thomas Kemis Masi - 199205302022031009 - Ketua Penguji
Fredik L. Kollo - 19920208 202203 1 009 - Penguji 1 Fadil Mas,ud - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.05 TEF P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |