PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMEN DIVISION (STAD) UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 FATULEU

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMEN DIVISION (STAD) UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 FATULEU

XML

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VII B SMP Negeri 5 Fatuleu Satu Atap. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 5 Fatuleu Satu Atap yang berjumlah 22 siswa. Model penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindak Kelas (PTK). Proses pelaksanaan tindakan dan implementasi tindakan di lokasi penelitian terbagi dalam dua siklus. Tiap-tiap siklus dilakukan sebanyak dua kali pertemuan. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik deskripsi kualitatif.Krtiteria keberhasilan yang dicapai siswa dalam penelitian ini dilihat dari adanya perubahan kea rah yang lebih baikdan meningkatnya tindak belajar serta hasil dalam praktik menulis teks prosedur kompleks. Keberhasilan ini dilihat dari dua kriteria yaitu keberhasilan proses dan produk. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. Pertama mampu meningkatkan taraf proses pembelajaran menulis teks prosedur kompleks. Adanya peningkatan proses di aspek situasi belajar, fokus siswa, dan keaktifan, menjadikan perubahan positif sehingga menjadikan pembelajaran menulis teks prosedur lebih memikat dan memuaskan. Kedua, pembelajaran menulis teks prosedur dengan meningkatkan hasil kemampuan menulis teks prosedur. Hal ini terlihat dari skor ratarata keterampilan menulis teks prosedur sebelum diberi tindakan 0%. Berdasarkan tabel 10, tingkat ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I diketahui dengan rata-rata pertemuan pertama 81,36 dengan tingkat ketuntasan mencapai 72,27 % dan nilai rata-rata pertemuan kedua 84,84 dengan ketuntasan mampu mencapai 90,90%. Sedangkan pada siklus II dapat diketahui nilai rata-rata pertemuan pertama 93,64 dengan tingkat ketuntasan masih mencapai 100% serta rata-rata pertemuan kedua 95,83 mampu mencapai ketuntasan sebesar 100%. Maka dari itu indikator keberhasilan hasil belajar yang diharapkan dapat melebihi target mampu mencapai 100% di akhir siklus II.
Kata Kunci : Model STAD, Kemampuan, Teks Prosedur kompleks.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
SANDRI LAY - Personal Name
Student ID
2101010085
Dosen Pembimbing
LABU DJULI - 196207031990031002 - Dosen Pembimbing 1
KARUS MARIA MARGARETA - 196210141990032001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Dr. Labu Djuli, M.Hum - 196207031990031002 - Ketua Penguji
Karus M. Margaretha - 19621014 199003 2 001 - Penguji 1
Semuel Hajai Nitbani - 196105021989031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
88201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
882.01 Lay P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA