Penggunaan Model Example Non Example Dalam Pembelajaran Ipa Tentang Daur Hidup Hewan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Oenoni Di Kabupaten Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Example Non Example Dalam Pembelajaran Ipa Tentang Daur Hidup Hewan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Oenoni Di Kabupaten Kupang

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Daur Hidup hewan Melalui Metode Example Non Example Di Kelas IV SD Negeri Oenoni. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan teknik pengumpulan data yakni observasi dan tes teknik analisis data yakni deskriptif dan kualitatif dengan subyek berjumlah 23 orang dengan rincian siswa laki-laki 11 orang dan siswa perempuan 12 orang. Penelitian ini diadakan di SD Negeri Oenoni kabupaten kupang dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I sebanyak 15 siswa (66,67%) dari 23 subyek tuntas dengan nilai 65,22 % kaena selalu memusatkan perhatian, selalu aktif dalam kelas dan tertib pada saat proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan 8 orang lainnya dari 23 subjek ( 33,33%) belum mencapai standar ketuntasan karena siswa kurang memusatkan perhatian, kurang aktif, kurang percaya diri serta kurang paham atau mengerti dengan penjelasan guru. Selanjutnya pada siklus II hasil belajar siswa meningkat yakni dari 23 siswa tuntas dengan persentase nilai 82,22 % karena selalu memusatkan perhatian, aktif dalam kelas, lebih percaya diri, selalu mengerjakan tugas dan tertib pada saat proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Metode Pembelajaran Example Non Example dalam Pembelajaran Tentang Daur Hidup Hewan dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Oenoni di Kabupaten Kupang. Hal ini dibuktikan bahwa siklus I mengalami peningkatan dan selanjutnya semua data menunjukan seluruh siswa dapat mencapai nilai minimal ketuntasan dengan demikian maka metode pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Kata kunci : Metode Example Non Example, Daur Hidup Hewan, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1601140173
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
PAULINA RIWU GAH - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Taf P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA