Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create, Share Terintegrasi Strategi Reading, Questioning, And Answering Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Sistem Pernapasan Di SMP Negeri 17 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create, Share Terintegrasi Strategi Reading, Questioning, And Answering Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Sistem Pernapasan Di SMP Negeri 17 Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SSCS terintegrasi RQA pada materi sistem pernapasan pada manusia kelas VIII SMP Negeri 17 Kupang Tahun Ajaran 2024/2025.
Jenis penelitian adalah quasi eksperimen yang dilaksanakan pada bulan Maret-April Tahun Pelajaran 2024/2025, dengan desain yang digunakan pretest-postest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMP Negeri 17 Kupang, sedangkan sampel penelitian terdiri dari kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol, teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran SSCS terintegrasi RQA dan variabel terikat yaitu kemampuan berpikir kritis. Teknik pengumpulan data yaitu tes menggunakan soal essay terintegrasi berpikir kritis dengan indikator yang digunakan yaitu memberikan penjelasan sederhana, penarikan kesimpulan, memberi penjelasan lebih lanjut, serta strategi dan taktik. Data berpikir kritis yang diambil berupa hasil pretest-postest dari kedua kelas tersebut. Teknik analisis data menggunakan uji t-test yang diawali dengan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas data digunakan Kolmogorov-sminov sedangkan uji homogenitas mengunakan rumus Levene test, kemudian data dianalisis secara kuantitatif menggunakan uji independent sample test (t-test) untuk menguji hipotesis berbantuan SPSS versi 20.
Berdasarkan hasil uji prasyarat terhadap kedua kelas tersebut didapati nilai normalitas pretest-postest kelas eksperimen (0,200*> 0,05) dan (0,200* > 0,05) sedangkan pada uji homogenitas pada pretest kelas kontrol-eksperimen (0,497 > 0,05) dan postest kelas kontrol-eksperimen (0,117 > 0,05) sehingga data berdistribusi normal dan homogen, hasil uji t-test diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,000 dimana nilai tersebut < 0,05 sehingga hipotesis H1 diterima H0 ditolak dengan hasilnya yaitu adanya pengaruh model pembelajaran SSCS terintegrasi RQA serta rata-rata hasil kemampuan berpikir kritis postest pada kelas kontrol yaitu 32,90 berada pada kriteria sangat rendah sedangan hasil rata-rata postest pada kelas eksperimen yaitu 66,63 berada pada kriteria sedang. Kesimpuln pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran SSCS terintegrasi RQA terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas VIII di SMP Negeri 17 Kupang.
Kata kunci : Search, Solve, Create and Share (SSCS), Reading, Questiong and Answering (RQA), Kemampuan Berpikir Kritis.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
GABRIELA FEBY WILTIN - Personal Name
Student ID
2101040027
Dosen Pembimbing
YUSNAENI - 197502032000122001 - Dosen Pembimbing 1
ANGELA GABRIELA LIKA - 196402281989032002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 WIL P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA