ANALISIS TINGKAT KESELAMATAN LALU LINTAS PADA PERSIMPANGAN JALAN PULAU INDAH – JALAN TIMOR RAYA DENGAN METODE TRAFFIC CONFLICT TECHNIQUE (TCT)

Detail Cantuman

Skripsi

ANALISIS TINGKAT KESELAMATAN LALU LINTAS PADA PERSIMPANGAN JALAN PULAU INDAH – JALAN TIMOR RAYA DENGAN METODE TRAFFIC CONFLICT TECHNIQUE (TCT)

XML

Transportasi merupakan pemindahan manusia atau barang dari suatu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah sarana yang digerakkan oleh manusia atau mesin. Kota Kupang sebagai kota dengan rutinitas tertinggi di NTT,maka transportasi dijadikan sebagai peran vital dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, dengan tingginya tingkat lalu lintas dan banyaknya jumlah kendaraan yang ada, memungkinkan banyak terjadi masalah transportasi terutama pada persimpangan-persimpangan, sehingga perlu dilakukan sebuah studi yang dapat meningkatkan keselamatan dalam berkendara. Dalam penelitian ini menggunakan metode Traffic Conflict Technique (TCT) yaitu suatu metode mengobservasi yang dilakukan dengan cara mendata kecelakaan yang hampir terjadi (near-missed accident) serta melihat pola terjadinya kecelakaan. TCT merujuk pada hubungan antara perilaku pengguna jalan dengan kejadian kecelakaan. Penelitian ini mengamati penyebab kecelakaan seperti pengereman mendadak, mengelak, pecepatan (laju kendaraan). Cara penelitian yang dilakukan adalah dengan melakukan survei di lapangan selama 1 minggu, untuk mendapatkan data primer maupun data sekunder yang kemudian diolah dengan menggunakan manajemen simpang menurut Peraturan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI, 2014). Lokasi studi adalah persimpangan yang menghubungkan Jalan Pulau Indah – Jalan Timor Raya berdasarkan aturan PKJI 2014 dengan faktor penyebab konflik yaitu 25% pengaruh kondisi geometrik, 10 % akibat hambatan samping jalan, 10 % akibat volume lalu lintas pada jam puncak dan 55 % akibat tingkat pemahaman masyarakat dalam berlalu lintas yang sangat rendah terdapat kapasitas jalan yakni 3433,28 smp/jam sehingga derajat kejenuhan yaitu 0,34 pada kaki simpang Jalan Timor Raya Timur-Barat, 0,15 pada kaki simpang Jalan Pulau Indah-Jalan Timor Raya dan 0,16 pada kaki simpang Jalan Timor Raya Barat-Jalan Timor Raya Timur. Hasil yang diperoleh terdapat 15 jenis konflik yang terjadi pada lokasi penelitian dengan kasus pelanggaran lalu lintas yang rentan terjadi yaitu gerakan memotong (crossing) yang teridentifikasi potensi serious Conflict pada waktu tersingkat Time to Accident (TA) 0,0691 detik dan waktu terpanjangnya 1,0960 detik. Keselamatan lalu lintas di Persimpangan Jalan Pulau Indah-Jalan Timor Raya dikategorikan rendah karena terdapat konflik serius yang menimbulkan kecelakaan kerusakan interaksi. Kata kunci : Analisis, Keselamatan, Lalu lintas, Persimpangan, Traffic Conflict Technique
Dosen Pembimbing I* Dosen Pembimbing II**


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
KORNELIA TALAN - Personal Name
Student ID
1806010059
Dosen Pembimbing
ANDI KUMALAWATI - 196310301994122001 - Dosen Pembimbing 1
I MADE UDIANA - 196201101989031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andi Kumalawati - 196310301994122001 - Ketua Penguji
I Made Udiana - 196201101989031002 - Penguji 1
Dantje Arie Tresna Sina - 197804172003121002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
22201
Edisi
Published
Departement
Teknik Sipil
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
222.01 TAL A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA