Skripsi
ANALISIS TINGKAT KESELAMATAN LALU LINTAS PADA PERSIMPANGAN JALAN PULAU INDAH – JALAN TIMOR RAYA DENGAN METODE TRAFFIC CONFLICT TECHNIQUE (TCT)
XML
Transportasi merupakan pemindahan manusia atau barang dari suatu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah sarana yang digerakkan oleh manusia atau mesin. Kota Kupang sebagai kota dengan rutinitas tertinggi di NTT,maka transportasi dijadikan sebagai peran vital dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, dengan tingginya tingkat lalu lintas dan banyaknya jumlah kendaraan yang ada, memungkinkan banyak terjadi masalah transportasi terutama pada persimpangan-persimpangan, sehingga perlu dilakukan sebuah studi yang dapat meningkatkan keselamatan dalam berkendara. Dalam penelitian ini menggunakan metode Traffic Conflict Technique (TCT) yaitu suatu metode mengobservasi yang dilakukan dengan cara mendata kecelakaan yang hampir terjadi (near-missed accident) serta melihat pola terjadinya kecelakaan. TCT merujuk pada hubungan antara perilaku pengguna jalan dengan kejadian kecelakaan. Penelitian ini mengamati penyebab kecelakaan seperti pengereman mendadak, mengelak, pecepatan (laju kendaraan). Cara penelitian yang dilakukan adalah dengan melakukan survei di lapangan selama 1 minggu, untuk mendapatkan data primer maupun data sekunder yang kemudian diolah dengan menggunakan manajemen simpang menurut Peraturan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI, 2014). Lokasi studi adalah persimpangan yang menghubungkan Jalan Pulau Indah – Jalan Timor Raya berdasarkan aturan PKJI 2014 dengan faktor penyebab konflik yaitu 25% pengaruh kondisi geometrik, 10 % akibat hambatan samping jalan, 10 % akibat volume lalu lintas pada jam puncak dan 55 % akibat tingkat pemahaman masyarakat dalam berlalu lintas yang sangat rendah terdapat kapasitas jalan yakni 3433,28 smp/jam sehingga derajat kejenuhan yaitu 0,34 pada kaki simpang Jalan Timor Raya Timur-Barat, 0,15 pada kaki simpang Jalan Pulau Indah-Jalan Timor Raya dan 0,16 pada kaki simpang Jalan Timor Raya Barat-Jalan Timor Raya Timur. Hasil yang diperoleh terdapat 15 jenis konflik yang terjadi pada lokasi penelitian dengan kasus pelanggaran lalu lintas yang rentan terjadi yaitu gerakan memotong (crossing) yang teridentifikasi potensi serious Conflict pada waktu tersingkat Time to Accident (TA) 0,0691 detik dan waktu terpanjangnya 1,0960 detik. Keselamatan lalu lintas di Persimpangan Jalan Pulau Indah-Jalan Timor Raya dikategorikan rendah karena terdapat konflik serius yang menimbulkan kecelakaan kerusakan interaksi. Kata kunci : Analisis, Keselamatan, Lalu lintas, Persimpangan, Traffic Conflict Technique
Dosen Pembimbing I* Dosen Pembimbing II**
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
KORNELIA TALAN - Personal Name
|
Student ID |
1806010059
|
Dosen Pembimbing |
ANDI KUMALAWATI - 196310301994122001 - Dosen Pembimbing 1
I MADE UDIANA - 196201101989031002 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Andi Kumalawati - 196310301994122001 - Ketua Penguji
I Made Udiana - 196201101989031002 - Penguji 1 Dantje Arie Tresna Sina - 197804172003121002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
22201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Teknik Sipil
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
222.01 TAL A
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |