UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MEALALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DI KELAS XI A SMAN 10 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MEALALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DI KELAS XI A SMAN 10 KUPANG

XML

Masalah dalam penelitian ini ialah guru masih monoton menggunakan model pembelajaran ceramah yang membuat siswa merasa cepat bosan dan jenuh sehingga mengakibatkan rendahnya minat serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya peningkatan hasil belajar sejarah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe. Think Pair Shere Jenis peneilitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian siswa di kelas XI-A adalah 32 siswa. Prosedur penelitian dilakukan dengan empat langkah meliputi; 1. Tahap Perencanaan 2. Tahap Pelaksanaan 3. Tahap Pengamatan 4. Tahap Refleksi dilakukan dalam dua siklus. Data yang dikumpulkan dari tes hasil belajar, observasi dan studi dokumen. Data hasil belajar diperoleh melalui tes. Data hasil observasi diperoleh melalui observasi hasil belajar. Ketercapaian tujuan pembelajaran yaitu ≥80%. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe complex instruction dengan langkah-langkah: (a) guru menyiapkan bahan ajar, (b) guru menyampaiakan materi, (c) pembagian kelompok secara berpasangan, (d) siswa berdiskusi dalam kelompok, (e) guru membimbing pelaksanaan diskusi, (f) siswa melakukan presentasi, (g) guru memberikan refleksi di akhir pembelajaran, (h) guru melakukan evaluasi individual terkait bahan ajar. Dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Piar Share ini dapat meningkatkan hasil belajar sejarah pada siswa kelas XI-A SMA Negeri 10 Kupang. Hal ini dapat terlihat pada siklus I yang mencapai KKTP dengan nilai rata-rata 73. Hal ini diperbaiki lagi pada siklus II dan mencapai KKTP dengan nilai rata-rata 84
Kata Kunci: Peningkatan Hasil Belajar, Kooperatif Tipe Think Pair Share, Pembelajaran Sejarah


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2001090003
Dosen Pembimbing
FLAFIUS SELFIANUS RATO - 198702202019031009 - Dosen Pembimbing 1
FRANSINA APRILYSE NDOEN - 198608022014042001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
FLAFIUS SELFIANUS RATO - 198702202019031009 - Ketua Penguji
Fransina Aprilyse Ndoen - 198608022014042001 - Penguji 1
Andreas Ande - 196210101989031004 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 Nga U
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA