Skripsi
ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP EFEKTIVITAS VOLUME PENJUALAN SELADA DI ST HIDROPONIK KELURAHAN OEBUFU KECAMATAN OEBOBO KOTA KUPANG
XML
Indonesia merupakan negara agraris yang sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Sektor pertanian merupakan kegiatan utama ekonomi Indonesia yaitu memiliki peranan penting sebagai penyedia pangan, memberikan lapangan pekerjaan bagi seluruh angkatan kerja yang ada serta dapat menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat. Adanya teknik budidaya sayuran dengan metode hidroponik mendorong banyak pengusaha sayuran hidroponik di Kota Kupang untuk mengembangkan usahatani sayuran dengan sistem hidroponik diantaranya yaitu ST. Hidroponik karena usaha ini baru bergerak disektor pertanian dan masih dalam skala rumah tangga. Salah satu sayuran yang di tanam dengan metode hidroponik di ST Hidroponik adalah selada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap efektivitas volume penjualan selada di ST. Hidroponik secara simultan dan parsial. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalahdata primer dan sekunder. Variabel yang digunakan adalah variabel independen yaitu produk, harga, tempat, promosi dan variabel dependen yaitu volume penjualan. Teknik pengambilan sampel dengan teknik accidental sampling. Teknik analsis yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil uji simultan menunjukkan bahwa nilai F hitung sebesar 26,242 lebih besar dari nilai F tabel sebesar 2,76. Hasil ini menunjukkan bahwa pengaruh hubungan antara variabel independen Produk, Harga, Tempat, dan Promosi dengan variabel dependen Volume Penjualan Selada di St Hidroponik secara signifikan. Hasil uji parsial yang dilakukan terhadap keempat variabel independen yaitu variabel produk diperoleh nilai t hitung sebesar 3.636 > t tabel 1,708 dan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05, variabel harga diperoleh nilai t hitung sebesar 1,986 < t tabel 1,708 dan nilai signifikansi sebesar 0,058 > 0,05, variabel tempat diperoleh nilai t hitung sebesar 3.636 > t tabel 1,708 dan nilaii signifikansi sebesar 0,001 < 0,05, variabel promosi diperoleh nilai t hitung sebesar 3,040 > dari t tabel 1,708 dan nilai signifikansi sebesar 0,011 < 0,05. Hasil ini menunjukan bahwa hanya tiga variabel yang berpengaruh yaitu produk, tempat, promosi dan varibel harga tidak memiliki pengaruh terhadap volume penjualan selada.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
MARYO JUVENTUS ADANG - Personal Name
|
Student ID |
2104020144
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Tomycho Olviana - 198210292008122002 - Ketua Penguji
SANTHY CHAMDRA - - Penguji 1 MARIA BANO - 19610815 198901 2 001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
54201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Agribisnis
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
542.01 Ada A
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |