PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN STRATEGI NOTE TAKING PADA MATERI VIRUS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN STRATEGI NOTE TAKING PADA MATERI VIRUS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 KOTA KUPANG

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui pengaruh model pembelajaran discovery learning terintegrasi strategi note taking pada materi virus kelas X SMA Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2024/2025. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain yang digunakan pretest-postest control group design yang menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen mengunakan model pembelajaran discovery learning terintegrasi note taking dan kelas kontrol menggunakan model pembalajaran discovery learning. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian berupa perangkat pembelajaran yakni modul ajar, media, lembar kerja peserta didik (LKPD) dan instrumen tes berupa pilihan ganda 20 item dan essay 5 item yang digunakan unuk data hasil belajar. Data selanjutnya dianalisis secara
kuantitatif menggunakan uji t-test dengan didahulukan dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian diperoleh bahwa data terdistribusi normal dan homogen
untuk kedua kelas sampel, dan hasil uji-t diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,000 dimana nilai tersebut < 0,05 sehingga hipotesis H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan strategi note taking terhadap hasil belajar siswa. Dari rata-rata yang diperoleh memang terlihat bahwa hasil postest kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 85,71. dibandingkan kelas kontrol yang hanya 73,39. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning berbantuan strategi note taking dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas X SMA Negeri 4 Kupang.

Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelaran Discovery Learning berbantuan strategi Note Taking


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Maria Desriana Oetpah - Personal Name
Student ID
2001040068
Dosen Pembimbing
YUSNAENI - 197502032000122001 - Dosen Pembimbing 1
ANGELA GABRIELA LIKA - 196402281989032002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Nikmah - 196410231990012001 - Ketua Penguji
Yusnaeni - 197502032000122001 - Penguji 1
Angela Gabriela Lika - 196402281989032002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 Oet P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA