Pengaruh Penggunaan Media Flashcard Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B Di TK Santa Maria Assumpta Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Penggunaan Media Flashcard Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B Di TK Santa Maria Assumpta Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media flashcard terhadap kemampuan berbicara anak kelompok B di TK Santa Maria Assumpta Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif (Pre-eksperimental) dengan desain One group pretest-posttest dan dengan sampel sebanyak 23 anak kelompok B1. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi yang kemudian dianalisa menggunakan metode statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada posttest kemampuan berbicara pada anak kelompok B dengan penggunaan media flashcard diketahui dari 23 anak yang memperoleh skor tertinggi adalah 28 dan terendah adalah 14. Adapun anak yang memiliki kemampuan berbicara dengan kategori mulai berkembang (MB) sebanyak 2 anak dan untuk kateogori berkembang sesuai harapan (BSH) sebanyak 21 anak yang dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yaitu meningkatnya kemampuan berbicara anak setelah menerapkan media flashcard dengan skor rata-rata kemampuan berbicara anak sesudah diberikan perlakuan lebih besar dari skor rata-rata kemampuan berbicara anak sebelum diberikan perlakuan 21.1304 > 13.8696 dengan selisih sebesar 7.2608 dan sig 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan media flashcard terhadap kemampuan berbicara anak kelompok B di TK Santa Maria Assumpta Kupang.
Kata Kunci: Media Flashcard, Kemampuan Berbicara


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ANGELA MERCIANA TNOMAT - Personal Name
Student ID
2001180017
Dosen Pembimbing
Credo G. Betty - 199012252018031001 - Dosen Pembimbing 1
Theodorina N. Seran - 199211092023012039 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Credo G. Betty - 199012252018031001 - Ketua Penguji
Theodorina N. Seran - 199211092023212039 - Penguji 1
Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86207
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.07 TNO P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA